logo


Pasar Tradisional 'Terancam', Jokowi Usulkan Sekolah Jurusan 'Online Store'

Sebagai langkah untuk mendidik anak bangsa ciptakan platform sendiri terutama retail

2 Februari 2017 14:17 WIB

Presiden Jokowi saat meninjau stan pameran usai membuka konferensi Forum Rektor di JCC, Jakarta (2/2).
Presiden Jokowi saat meninjau stan pameran usai membuka konferensi Forum Rektor di JCC, Jakarta (2/2). Setpres

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2017, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017). Konteksnya adalah pendidikan harus dapat merespons perkembangan zaman dengan cepat dan cerdas.

Berkaitan dengan konteks tersebut, Jokowi memprediksikan bahwa pada perkembangan bisnis ke depannya, toko-toko fisik termasuk pasar tradisional akan dapat tergerus oleh toko online.

Oleh karena itu, Presiden mengusulkan adanya jurusan online store. Hal ini sebagai langkah sekolah maupun perguruan tinggi untuk mempersiapkan era digital serta era teknologi informasi.


Presiden Jokowi Instruksikan Menteri Cepat Respons Kabar Hoax

"Sehingga kalau ada jurusan online store kita bisa mendidik anak-anak kita membangun platform. Bagaimana Alibaba (dari China) bisa membangun logistik, platform, dan retail platform dengan ratusan juta pengunjung seperti itu," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bagaimana negara-negara besar membangun platform baik logistik maupun retail secara mandiri.

"Saya masih belum berpikir juga bagaimana menyiapkan ini. Yang namanya pasar tradisional itu akan hilang karena adanya toko online, online store, karena adanya negara-negara besar membangun logistic platform, retail platform, yang kita sendiri tidak pernah mengantisipasi itu," ungkapnya.

Jokowi meminta kaum cendekiawan dari berbagai universitas di Indonesia untuk memikirkan pembangunan platform sendiri. Sebab, sumber daya manusia (SDM) Indonesia butuh persiapan dengan segera.

SBY Sebut Ada 3 Orang di Lingkaran Istana yang Melarang Jokowi Bertemu SBY

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama