logo


Dalam Kuliah Umum, Chappy Hakim: Wilayah Tambang Freeport Tersulit di Dunia

Chappy mengakui bahwa wilayah kerja penambangan Freeport di bumi cendrawasih bisa dikatakan paling sulit di dunia.

31 Januari 2017 14:53 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Chappy Hakim, berkesempatan memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Dalam kuliah Umum dengan tema 'Lingkungan Bisnis dan Strategis PT Freeport Indonesia', bos PT Freeport Indonesia itu mengenakan busana bernuansa hitam putih. Jas hitam dan kemeja putih. Chappy sepertinya ingin menyelaraskan busana yang dikenakannya dengan warna rambutnya yang juga bernuansa hitam putih.

Pensiunan Marsekal TNI Angkatan Udara bintang empat itu mengakui bahwa jabatan sebagai Presdir Freeport Indonesia masih berkolerasi dengan pengalamannya saat masih aktif di TNI Angkatan Udara.


Akhirnya, Freeport Ajukan Izin Ekspor Konsentrat ke KESDM

"Saya mengetahui Angkatan Udara dalam menjalankan tugasnya menggunakan konsep panca laksana. Ini adalah suatu jabaran dari persepsi Angkatan Udara sebagai poros pengelolaan national air power yang salah satunya adalah pertambangan. Jadi pertambangan is a part of our national air power," katanya.

Dalam kuliah umumnya, Chappy menjelaskan beberapa hal tentang PT Freeport Indonesia, mulai dari informasi secara umum, dampak operasi Freeport selama ini dan kontribusinya kepada negara selama lebih dari 50 tahun melakukan kegiatan penambangan di Papua.

Chappy mengakui bahwa wilayah kerja penambangan Freeport di bumi cendrawasih bisa dikatakan paling sulit di dunia. Mengingat lokasi tambang di wilayah terisolasi, yakni berada di 4.200 mdpl.

"Tembaga pura berada di 2.300 mdpl. Lalu ada under ground mining di 3.100 mdpl. Sedangkan tambang terbuka berada di 4.200 mdpl. Berarti kandungan oksigen atau tekanan udara di sana sudah jauh berbeda," tutur dia.

"Perbandingannya, gunung tertinggi di Jawa, Semeru saja 3.500 mdpl. Kalau melihat areanya, betapa sempit dan rawannya itu di tengah-tengah tebing. Bagaimana risiko runtuhnya tebing. Bagaimana Freeport memantek tebing itu supaya tidak rubuh," pungkasnya.

Kata Dirjen Minerba, Begini Dampak Jangka Panjang Divestasi Freeport

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah