logo


OJK Layani Aduan Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan memastikan edukasi dan perlindungan konsumen.

31 Januari 2017 13:00 WIB

Pegawai Otoritas Jasa Keuangan bekerja di ruang Pusat Pelayanan Konsumen Keuangan Terintegrasi OJK.
Pegawai Otoritas Jasa Keuangan bekerja di ruang Pusat Pelayanan Konsumen Keuangan Terintegrasi OJK. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Otoritas Jasa Keuangan memastikan edukasi dan perlindungan konsumen bagi masyarakat umum. Untuk mendukung hal ini , OJK mendirikan Layanan Konsumen guna menampung pertanyaan dan pengaduan masyarakat. Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, menuturkan, Layanan Konsumen OJK sudah menerima sebanyak 76.850 pertanyaan maupun laporan masyarakat mengenai industri jasa keuangan.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari tahun 2013 hingga tanggal 20 Januari 2017 lalu. “Dengan rincian layanan pertanyaan sebanyak 52.992, layanan informasi sebanyak 20.002, dan pengaduan sebanyak 3.856,” ujar Muliaman pada acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Ombudsman RI di Jakarta.

Muliaman mengatakan untuk meningkatkan peran perlindungan konsumen keuangan, OJK telah melakukan berbagai inisiatif strategis, antara lain edukasi keuangan secara masif dan berkelanjutan ke berbagai lapisan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, OJK juga menyediakan layanan konsumen terintegrasi. Layanan konsumen industri jasa keuangan ini menyediakan saluran bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang produk dan layanan keuangan. Masyarakat pun bisa menyampaikan pengaduan dengan mudah.


OJK: Sebanyak 345 Saham Masuk Daftar Efek Syariah

Muliaman menambahkan sesuai Undang-Undang tentang OJK, fungsi edukasi dan pelayanan konsumen mulai dilakukan secara nyata. Sebelumnya, fungsi edukasi dan pelayanan konsumen tidak terlalu eksplisit dilakukan oleh lembaga mana pun.

“Dulu bank hanya mengawasi saja. Dengan Undang-Undang OJK, perlindungan konsumen menjadi eksplisit dan menjadi tupoksi (tugas pokok fungsi) OJK,” jelas Muliaman.

 

Kurangi Proses Perizinan, OJK Luncurkan Registrasi Penjualan Reksadana

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq