logo


Cara Cerdas Menyimpan Uang

31 Januari 2017 11:30 WIB

Uang Rupiah.
Uang Rupiah. Istimewa

JITUNEWS.COM - Menabung merupakan hal penting untuk masa depan. Namun aplikasinya masih dirasa sulit. Banyak di antara Kamu yang tak bisa menahan hasrat untuk berbelanja. Lantas bagaimana caranya menyimpan uang yang baik? Well, berikut empat cara pintar menyimpan uang yang dilansir dari herworldplus.

1. Memiliki dana darurat
Ini bisa bermanfaat saat Kamu sakit atau penghentian pekerjaan tiba-tiba. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah Kamu dari keharusan mengambil pinjaman atau hutang. Dana darurat ini tidak sama dengan tabunganmu yang lain sehingga tetap terpisah. Sebaiknya simpan dalam akun yang tidak membiarkanmu bisa menarik uang pada waktu tertentu.

2. Sisihkan uang untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Kamu harus memiliki tujuan jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek misalnya Kamu ingin membeli pakaian atau berlibur. Sedangkan tujuan jangka panjang seperti membeli rumah dan dana pensiun. Menggantungkan gaji bulanan tentu tidak akan cukup. Maka tujuan jangka panjang harus ada dalam rencana tabungan bulananmu. Sisihkanlah sedikit demi sedikit.


8 Cara Jitu untuk Jadi 'Morning Person'

3. Miliki banyak investasi
Untuk orang-orang yang gemar menabung tentu berpikir tentang investasi. Ingat, simpan uangmu di berbagai jenis skema investasi seperti reksa dana atau saham. Kamu tidak ingin menaruh harapanmu hanya pada satu jenis kan?

4. Memiliki rencana pensiun
Beberapa dari kita bisa menghabiskan 20 sampai 30 tahun setelah pensiun tanpa sumber penghasilan yang stabil. Karena sebagian besar dari kita tidak ingin bekerja setelah pensiun, ada baiknya memulai rencana khusus dari sekarang. Carilah penghasilan tambahan yang bisa dilakukan saat ini dan menambah pundi-pundi uangmu. Kamu bisa pensiun dengan tenang tanpa khawatir masalah finansial masa depan anak. Pintar menyimpan uang tentu akan menyelamatkan masa depanmu. (berbagai sumber)

Catat! Ini 9 Tips Memulai Usaha di Bidang Kuliner

Halaman: 
Penulis : Satria Budi