logo


Pelatih Arema FC Sebut Pemain Muda Indonesia Krisis Jam Terbang

Aturan mengenai tambahan jam terbang pemain muda dan pembatasan pemain asing dinilai sebagai langkah nyata PSSI untuk kemajuan sepakbola Indonesia

30 Januari 2017 15:53 WIB

Aji Santoso.
Aji Santoso. goal.com

SOLO, JITUNEWS.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuat regulasi terbaru mengenai aturan pemain muda untuk kompetisi musim 2017/2018. Aturan tersebut mengharuskan setiap tim kontestan untuk mengontrak 5 pemain muda U-23 dan harus menjadikan tiga di antaranya sebagai starting lineup dalam pertandingan.

Terkait aturan tersebut, Pelatih Arema FC, Aji Santoso, mengungkapkan keprihatinannya terhadap pemain muda Indonesia. Dirinya menilai permasalahan pemain muda selama ini adalah jam terbang yang rendah.

"Permasalahan pemain muda selama ini adalah jam terbang, lantas kapan mereka akan terbang (memiliki pengalaman) jika tidak dikasih jam terbang," ujar Aji saat konferensi pers di Solo, Minggu (29/1/2017).


Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

Aji mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung regulasi terbaru PSSI yang harus memainkan pemain muda dalam setiap laga.

"Saya sangat mendukung regulasi itu (memainkan pemain muda)," imbuhnya.

Saat disinggung mengenai regulasi PSSI tentang pengurangan jatah pemain asing, Aji mendukung kebijakan tersebut. Regulasi tersebut mengharuskan setiap tim kontestan untuk mengurangi jatah pemain asing yang sebelumnya empat pemain menjadi tiga pemain. Tiga pemain asing tersebut memiliki komposisi dua pemain asing non Asia dan satu pemain Asing Asia. 

Ajie memaparkan, pengurangan pemain asing tersebut akan membuat pemain lokal memiliki kesempatan lebih untuk menunjukkan kapasitasnya.

"Saya rasa ini ajang bagi pemain lokal untuk menunjukkan kualitasnya. Dengan begini pemain lokal akan mempunyai kesempatan lebih untuk menunjukkan permainan terbaiknya," ucap pria yang sukses mengantarkan timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 1991.

Aji Santoso Dukung Penuh Regulasi PSSI Soal Pemain Muda U-23

Halaman: 
Penulis : Rofiq Hudawiy, Sukma Fadhil Pratama