logo


Ini Target Mentan Guna Menyukseskan Program Swasembada Pangan

Untuk komoditas jagung, mentan menargetkan penambahan luas tambah tanamnya harus bisa mencapai 400 ribu hektar per bulannya.

30 Januari 2017 13:49 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanaian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya terus melakukan sejumlah langkah cepat guna menyukseskan program di sektor pangan. Untuk menyukseskan setiap kebijakan tersebut Kementan menyampaikan beberapa target yang harus di kejar dan di penuhi pada waktu-waktu yang akan datang.

“Untuk luas tambah tanam harus mengalami peningkatan. Target kita untuk luas tambah tanam padi dalam satu bulannya harus bisa mencapai minimal 1 juta hektar, ngga boleh di bawahnya kalau tidak ingin indonesia mengalami musim paceklik,”demikian kata Mentan Amran Sulaiman di Jakarta, Senin(30/1).

Lebih lanjut, Mentan mengatakan untuk komoditas bawang target kita perluasan lahan baru harus bisa mencapai 13.000 per hektar untuk perbulannya.  “kalau ingin agar kita tidak lagi melakukan langkah impor bawang, maka target tersebut harus bisa terpenuhi, tidak boleh di bawah itu,”kata Mentan.

Untuk komoditas jagung, mentan menargetkan penambahan luas tambah tanamnya harus bisa mencapai 400 ribu hektar per bulannya.

“Untuk komoditas jagung haru bisa mencapai 400 ribu hektar dalam satu bulannya,”ujarnya.

Sementara itu untuk peternakkan khususnya Sapi, Mentan menargetkan dengan sejumlah program yang saat ini sedaang di galakkan oleh Kementan terutama melalui Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsusu Siwab), akan mampu meningkatkan populasi sapi di tanah air.

“Kalau kita ingin swasembada sapi, target kita adalah harus bisa mencapai minimal 11 ribu ekor kelahiran baru sapi dalam setiap harinya,”demikian tukas Mentan.

Kementan Ajak Semua Stakeholder Bekerjasama Benahi Sektor Peternakan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Marselinus Gunas