logo


KRKP Minta Pemerintah Wujudkan Kedaulatan Petani Atas Benih

Kemandirian benih akan sangat membantu sektor pertanian agar terhindar dari penyakit yang ditularkan melalui benih.

29 Januari 2017 17:50 WIB

Seorang pengunjung melihat padi dari benih padi unggul pada pameran Sentra Pelayanan Petani Padi Terpadu (SP3T) di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1).
Seorang pengunjung melihat padi dari benih padi unggul pada pameran Sentra Pelayanan Petani Padi Terpadu (SP3T) di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1). Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Koordinator Nasional Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), Said Abdullah meminta kepada pemerintah agar segera mewujudkan program kedaulatan petani atas benih. Menurutnya pada saat ini sedang marak terjadi adanya penyakit baru pada tumbuhan yang masuk lewat benih.

“Seharusnya dengan maraknya penyebaran penyakit baru yang tersebar lewat benih tersebut, mendorong pemerintah untuk segera mewujudkan program kedaulatan petani atas benih,” demikian kata Said Abdullah saat di hubungi Jitunews.com, Minggu (29/1).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan adanya kemandirian benih, akan sangat membantu sektor pertanian agar terhindar dari penyakit yang ditularkan melalui benih.


Bakteri di Benih Cabai yang Ditanam WN China di Bogor Tidak Berbahaya Bagi Manusia

Menurutnya program mandiri benih ini juga menjadi sangat penting untuk mendorong peningkatan ekonomi di tingkat para petani. ”Dengan berdaulat benih harapannya mampu mengangkat perekonomian para petani kita,”demikian katanya.

Ia menjelaskan bahwa yang terjadi saat ini adalah seiring dengan adanya upaya peningkatan produksi pangan nasional, gelombang impor benih terutama benih padi juga semakin besar. Namun tanpa disadari pada saat yang sama kita juga mengimpor sejumlah penyakit baru yang belum ada di Indonesia.

“Ini bukan lagi upaya untuk meningkatkan produksi pangan, tetapi justru akan mengancam produksi pangan kita,” ujarnya.

Ia berharap agar langkah impor benih ini segera dikurangi dan kembali memprioritaskan produksi benih yang dihasilkan oleh para petani indonesia.

Hingga saat ini sejumlah negara yang menjadi tempat asal sejumlah benih padi yang ada di Indonesia adalah dari China, India, Filipina, Amerika Serikat, Australia, dan juga Pakistan.

Menteri Susi Ajak Masyarakat Lombok Tengah Awasi Benih Lobster

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan