logo


Aceh Terus Optimalkan Upsus untuk Peningkatan Produksi Padi

Semangat masyarakat Aceh mengoptimalkan lahan sawahnya terbukti dengan meningkatnya luas pertanaman pada bulan Desember 2016.

28 Januari 2017 13:00 WIB

Ilustrasi petani menanam benih padi.
Ilustrasi petani menanam benih padi. Gettyimages

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua sekaligus penanggung jawab Upsus wilayah Aceh, Mukti Sardjono, mengaku optimis bahwa Provinsi Aceh akan mampu meningkatkan produksi di sektor pangan.

“Meskipun terus diterpa dengan berbagai bencana yang melanda, baik banjir maupun gempa bumi, kami yakin Aceh pasti mampu meningkatkan produksi di sektor pangan,” kata Mukti dalam keterangan resminya kepada Jitunews.com, Sabtu (28/1).

Mukti mengatakan, dengan luas baku sawah di Provinsi terbarat Indonesia ini 310 ribu ha dan lahan berpengairan irigasi kurang dari 40%, pengembangan tanaman pangan terutama padi sangat tergantung kepada musim hujan.


Fokus UPSUS Pajale, Mentan Tambah Anggaran untuk 2016

Dengan terjadinya La Nina pada tahun 2016 telah menyebabkan pertanaman di Aceh mengalami pergeseran musim tanam. Pada bulan Oktober dan November 2016, pertanaman hanya dapat dilakukan pada wilayah yang berpengairan teknis.

Pada pertengahan bulan November 2016, musim hujan mulai turun di  Aceh dan telah membuat masyarakat petani di Aceh turun ke sawah mengolah lahannya. Sepanjang pantai Timur Aceh mulai dari Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang, pesawahan dipenuhi dengan kegiatan pengolahan lahan, pembibitan dan pertanaman dengan memanfaatkan berbagai alat mesin pertanian yang diberikan oleh Kementerian Pertanian. 

Demikian juga kegiatan serupa dilakukan oleh petani di pantai barat Aceh, terutama di Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aseh Selatan dan Aceh Tenggara.

Menurutnya, semangat masyarakat Aceh mengoptimalkan lahan sawahnya terbukti dengan meningkatnya luas pertanaman pada bulan Desember 2016.

"Kalau pada Desember tahun 2015 luas tanam padi di Aceh seluas 109 ribu ha, pada bulan Desember 2016 meningkat menjadi 123 ribu ha (data sementara laporan harian Upsus) atau peningkatan sekitar 14 ribu ha. Untuk bulan Januari 2017 luas tanam padi di Aceh akan melebihi pencapaian bulan Januari 2016 seluas 69 ribu ha,"demikian jelas Mukti.

Mukti optimis, pada bulan Januari ini luas tanam padi akan melebihi tahun lalu. Meskipun ada pergeseran tanam di beberapa kabupaten seperti di Pidie dan Pidie Jaya.

Mukti memperkirakan, luas tanam di Aceh pada bulan Januari 2017 bisa mencapai 83 ribu ha. 

Ia menambahkan, pencapaian tersebut dimungkinkan karena semangat para petani Aceh untuk mengoptimalkan lahannya, dukungan para penyuluh serta dukungan jajaran TNI-AD di lapangan.

UPSUS Kementan Mampu Gerakan Semangat Masyarakat Sumba Timur

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana