logo


Ini Dia, Manfaat Ikan Salah Ucap di Hadapan Jokowi

Manfaat Ikan Tongkol

27 Januari 2017 15:22 WIB

Pedagang mengikuti lelang ikan tongkol.
Pedagang mengikuti lelang ikan tongkol. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Ikan tongkol mendadak viral dengan adanya seorang murid sekolah dasar yang salah ucap di hadapan Presiden Joko Widodo. Di balik ituikan tongkol memiliki sejuta manfaat.

Ari Aditya, pelajar kelas III Sekolah Dasar berusaha menjawab pertanyaan dari Presiden Joko Widodo di acara peluncuran Kartu Indonesia Pintar, di Jakarta, Kamis (26/1).


Atiqah Hasilohan Jaga Kesehatan Tubuh dengan Rutin Berolahraga

Salah satu jenis ikan air tawar dengan ciri fisik memiliki 10– 12 jari-jari sirip punggung, 10– 13 jari-jari halus sirip punggung, 10– 14 jari-jari halus sirip dubur, dengan warna punggung kebiru-biruan, ungu tua bahkan berwarna hitam pada bagian kepala.

Di Indonesia ikan tongkol merupakan salah satu komoditas utama ekspor Indonesia yang hidup pada kedalaman hingga 50 m di daerah tropis dengan kisaran suhu 27– 28 C. Ikan ini banyak membentuk gerombolan-gerombolan besar atau migratory yang tersebar disekitar perairan Samudera Atlantik, Hindia dan Pasifik, terutama di perairan Indonesia Timur dan Samudra Indonesia.

Tak hanya lezat dan menguntungkan, seperti dikutip dari  www.seputarikan.com inilah manfaat ikan tongkol:

1. Meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak anak

Ikan tongkol mengandung omega 3 (EPA dan DHA) yang cukup besar. Peran omega 3 untuk kecerdasan dimulai pada saat seseorang berada dalam kandungan, oleh karena itu sangat dianjurkan kepada ibu hamil mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung omega 3 pada saat kehamilannya.

Dengan asupan gizi yang cukup dari ibu, proses ini akan berjalan semestinya sampai tahap penyempurnaan proses tumbuh kembang organ- organ yang telah dibentuk sebelumnya hingga dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan morfologis pada bayi saat ibu melahirkan. Peran omega 3 untuk tubuh tidak berhenti sampai disitu saja. Omega 3 juga mempunyai peran penting untuk proses sel-sel saraf (termasuk sel otak) sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak pada masa tumbuh dan berkembang.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Selain untuk kecerdasan, Omega 3 juga dapat menambah sistem kekebalan tubuh. Dengan tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kandungan omega 3 pada ikan laut juga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang merupakan penyebab timbulnya stroke.

 

3. Mencegah rematik dan Linu Tulang

Anda dapat memperoleh khasiat ikan tongkol yang ini dengan menjadikannya sebagai menu utama sehari-hari. Anda bisa merebus atau menggorangnya, tergantung selera. Karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kita mengolah ikan tongkol segar. Untuk terapi rematik yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.

 

4. Mengobati Anemia atau Lesu Darah

Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus.Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.

 

5. Mencegah Ejakulasi Dini

Jika kehidupan pasutri anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Di sini apotek laut akan membantu anda dalam menghindarkan ejakulasi dini dan bisa tahan lama .

Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan pasutri anda.

 

 

 

 

 

Kurangnya Infrastruktur Jadi Penyebab Adanya Kesenjangan Akses Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq