logo


Habib Rizieq Kembali Dilaporkan ke Bareskrim, Kali Ini Soal Kasus Tanah

Seorang pelapor berinisial E melaporkan Rizieq atas penguasaan tanah yang tidak sah di wilayah Megamendung, Cisarua, Bogor

27 Januari 2017 14:15 WIB

Habib Rizieq.
Habib Rizieq. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, kembali dilaporkan ke Bareskrim Polri. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul, menyebut Habib Rizieq dilaporkan terkait dugaan penguasaan tanah yang tidak sah di wilayah Mega Mendung, Cisarua, Bogor.

"Tanggal 19 Januari 2017 yang lalu, seorang pelapor atas nama "E" melaporkan Saudara RS atas penguasaan tanah yang tidak sah seluas 8,4 hektar di wilayah Mega Mendung, Cisarua, Bogor," ujar Kombes Pol Martinus, Jumat (27/1/2017).

Martinus mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut untuk memastikan keberadaan unsur pidana dengan membentuk tim penyelidikan.


Kasus Makar, Ketua GNPF MUI dan Jubir FPI Diperiksa Polisi Hari Ini

Menurutnya, polisi sudah meminta keterangan kepada tiga orang dari pihak pelapor. Namun belum ada jadwal untuk pemanggilan pihak terlapor.

"Sejak tanggal 19 Januari sudah ada tiga orang yang dipanggil untuk melakukan klarifikasi dan pengambilan dokumen. Dari pelapor dulu untuk proses klarifikasi, mendapat data-data, dokumen," ujar Martinus.

Sebagaimana diketahui, hal ini mencuat saat Brimob Polda Jabar mengadakan latihan di daerah pegunungan Mega Mendung, Bogor. Area tempat berlatih tersebut ternyata berdekatan dengan pondok pesantren milik Habib Rizieq.

Berdasarkan penelusuran polisi dari data Badan Pertanahan Nasional (BPN), tanah-tanah tempat latihan dan Ponpes masih terdaftar HGU atas nama PTPN VIII Gunung Mas.

Sementara itu, polisi telah meminta izin kepada PTPN VIII Gunung Mas sebagai pemilik lahan berdasarkan data dari BPN tersebut.

Kena Kasus Baru, Rizieq FPI Dilaporkan Lagi ke Polda Jabar

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama