logo


Mentan Optimis Indonesia Menjadi Negara Pengekspor Beras

Mentan sangat optimis bahwa dengan adanya sejumlah upaya khusus di sektor pertanian dan didukung dengan sejumlah program dan bantuan strategis.

27 Januari 2017 10:52 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Dok. Kementan

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengaku optimis bahwa Indonesia akan mampu menjadi negara pengekspor beras. Pasalnya rasa optimis dari Mentan tersebut berangkat dari sejumlah capaian yang dilakukan oleh pemerintah dan para petani di Indonesia dalam meningkatkan produksi pangan khususnya padi.

"Saya sangat optimis indonesia ke depan akan menjadi negara pengekspor beras," demikian kata Mentan Amran Sulaiman, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com Jumat(27/1).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa pada saat ini produksi beras di sejumlah daerah di tanah air terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.


Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Mentan bahkan mengaku kagum melihat capaian yang dihasilkan Provinsi Jawa Timur dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

"Jatim ini luar biasa, dalam 2 tahun terakhir produksi padi yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari 2 juta ton bahkan mendekati angka 3 juta ton. Sungguh saya kagum dan berterimakasih kepada Gubernur dan seluruh jajarannya, khususnya masyarakat petani Jawa Timur" ungkap Amran.

Mentan optimis, dalam 3 bulan ke depan terhitung dari bulan Januari sampai Maret 2017, produksi padi yang dipanen akan memenuhi gudang-gudang Bulog di Propinsi Jawa Timur.

"Produksi beras yang dihasilkan pada periode Oktober-Maret sudah menunjukkan hasil yang memuaskan, masih ada waktu 65 hari ke depan untuk mengejar panen dan percepatan tanam seluas 600 ribu hektar di Jawa Timur. Jika ini bisa tercapai, maka saya yakin gudang Bulog di Jawa Timur akan penuh kembali," tegas Amran.

Ia berharap produksi padi di jawa timur akan terus mengalami peningkatan, hal ini akan di dukung dengan sejumlah bantuan yang akan di salurkan oleh pemerintah pusat dalam mendukung peningkatan produksi pangan.

Mentan sangat optimis bahwa dengan adanya sejumlah upaya khusus di sektor pertanian dan didukung dengan sejumlah program dan bantuan strategis, maka produksi padi nasional akan terus mengalami peningkatan yang cukup baik dan bisa menyukseskan program swasembada pangan.

Agar Distribusi Pupuk Lancar, Kementan Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah