logo


Kementan Mengklaim Harga Komoditas Beras Masih Stabil

Ia mengaku bahwa kisaran harga beras yang ada di Indonesia saat ini masih lebih murah dibandingkan dengan harga beras di tiga negara tetangga seperti Thailand, Vietnam dan India.

26 Januari 2017 16:36 WIB

Aktivitas perdagangan beras di Pasar Induk Beras Cipinang.
Aktivitas perdagangan beras di Pasar Induk Beras Cipinang. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Hari Priyono, mengatakan bahwa sampai pada saat ini harga komoditas beras masih sangat stabil.

"Untuk harga beras masih stabil tidak ada fluktuasi harga yang signifikan," demikian kata Hari Priyono di Jakarta, Kamis(26/1).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa untuk harga beras tertinggi sampai dengan tanggal 23 Januari 2017 di Pasar Induk Beras Cipinang dan di beberapa pasar adalah Rp 13.500 per kilogram, sementara harga terendah Rp 6.800 per kg sehingga harga rata-rata beras di Indonesia sekitar Rp 10.150 per kg.


Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

"Kalau dilihat kisaran harganya masih cukup normal," demikian katanya.

Ia mengaku bahwa kisaran harga beras yang ada di Indonesia saat ini masih lebih murah dibandingkan dengan harga beras di tiga negara tetangga seperti Thailand, Vietnam dan India.

Menurutnya, jika terdapat harga beras di Indonesia dengan harga Rp 12.000 per kilogram maka hal tersebut dianggap wajar. Harga tinggi ini karena adanya margin Pengangkutan dan Perdagangan (MPP) yang mencapai 50-60 persen dikarenakan middle-man yang terlalu banyak. Ini jauh di atas angka yang dikeluarkan BPS terkait MPP komoditas antara 10-30 persen.

Ia berharap agar kisaran harga beras tersebut akan tetap stabil, karena di beberapa tempat saat ini juga sedang melakukan panen padi.

Agar Distribusi Pupuk Lancar, Kementan Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah