logo


3 Mahasiswa Diksar Mapala Meninggal, Rektor UII Mundur

Hal tersebut dilakukan Harsoyo sebagai bentuk pertanggungjawaban secara moral

26 Januari 2017 16:19 WIB

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Harsoyo.
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Harsoyo. Istimewa

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Harsoyo menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini, dikatakannya sebagai bentuk pertanggungjawaban atas meninggalnya tiga mahasiswa peserta Diksar The Great Camping (TGC) Mapala UII.

Harsoyo menyatakan mundur sebagai Rektor UII di hadapan Menristek Dikti, M Nasir.

"Sebagai pertanggungjawaban moral saya menyatakan mundur sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia," ucap Harsoyo di kantor Kopertis, Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).


Kemenristekdikti Ancam Pidanakan Pelaku Kekerasan UII

Harsoyo mengaku keinginan mundur sudah terpikirkan olehnya sejak beberapa hari lalu. Meskipun begitu, dirinya mengaku sempat berpikir bahwa ada pihak yang menganggapnya lari dari permasalahan menyusul keputusannya tersebut.

"Tapi saya lihat banyak contoh, menteri di Jepang, Dirjen Perpajakan, dan CEO Citilink yang mengundurkan diri. Saya pikir sebagai pertanggungjawaban moral akan lebih terhormat," tuturnya.

Meskipun telah mundur dari jabatannya sebagai Rektor, Harsoyo berkomitmen akan terus membantu untuk pengungkapan kasus yang menewaskan tiga mahasiswa UII tersebut.

"Jika dibolehkan saya akan terus," jawab Harsoyo singkat.

Sebagaimana diketahui, pihak UII telah membentuk tim investigasi untuk mengungkap kasus tersebut. Selain itu, pihak Polres Karanganyar juga telah meminta keterangan dari sejumlah pihak termasuk para peserta diksar.

Sementara itu di kalangan internal, UII telah membekukan Mapala Unisi secara kelembagaan untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

Tidak Ada Rotan dalam Diksar Mapala UII

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama