logo


Awal Februari, KPU Jakarta Pusat Akan Mulai Distribusikan Surat Suara Pilgub DKI

KPU Jakarta Pusat mengalami permasalahan Surat keterangan (Suket), hal ini dikarenakan ada banyak pemilih yang betul-betul belum terekam.

24 Januari 2017 12:26 WIB

Para pekerja menyortir dan melipat kertas suara Pilgub DKI Jakarta, Selasa (24/1).
Para pekerja menyortir dan melipat kertas suara Pilgub DKI Jakarta, Selasa (24/1). JItunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat (KPU Jakpus) melakukan pembukaan surat suara Pilgub DKI Jakarta secara simbolis, di Gedung Logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa, (24/1).

Ketua KPU Jakarta Pusat, Arif Bawono, mengatakan, setelah selesai dilipat secara keseluruhan, maka surat suara tersebut akan langsung didistribusikan pada 1 Februari 2017 mendatang.

"Surat suara sampai tanggal 1 Februari masih dalam proses di KPU Jakarta Pusat, setelah itu turun ke Kecamatan, karena loading seluruh alat TPS ada di Kecamatan. Setelah itu turun ke Kelurahan pada tanggal 12 Februari, maka di tanggal 14 Februari KPPS akan ambil kotak yang tersegel untuk digunakan 15 Februari," jelas Arif, di Jakarta, Selasa (24/1).


KPU DKI Umumkan Harta Cagub-Cawagub, Siapa Terkaya?

Arif menjelaskan, KPU Jakarta Pusat juga mengalami permasalahan Surat keterangan (Suket), hal ini dikarenakan ada banyak pemilih yang betul-betul belum terekam. 

"Suket itu jangan salah, suket akan dikeluarkan Dukcapil bagi yang sudah merekam e-KTP. Cirinya yang bersangkutan harus datang ke Kelurahan, dia akan ditanya misal ada e-KTP reguler, dia harus memigrasi KTP tersebut ke e-KTP, itu juga harus dilakukan tiga hari harus selesai itu semua menjelang pemilihan," terang Arif.

Arif menambahkan bahwa Suket di Jakarta ada dua jenis. Suket  pertama yakni menggunakan foto dan sudah diuji ketunggalannya, sedangkan Suket kedua yang diposisikan dalam Pilgub yang dalam bentuk keterangan tulisan.

"Itu ada di kantor Kelurahan Kasatpel Dukcapil masing-masing, dan dua-duanya berlaku," tutup Arif.

KPU: Selama Belum Inkrah, Ahok Masih Bisa Ikut Pilkada

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana