logo


Tanam Cabai di Pekarangan Mampu Tekan Biaya Rumah Tangga Hingga Rp 600 Triliun

Mentan Amran berharap program ini menjadi sebuah program bersama antara pemerintah dan masyarakat, khususnya kaum ibu-ibu

24 Januari 2017 12:23 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan penanaman cabai secara simbolis saat pencanangan Gerakan Nasional Penanaman Cabai (Gertam Cabai) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, di Semarang, Senin (23/1).
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan penanaman cabai secara simbolis saat pencanangan Gerakan Nasional Penanaman Cabai (Gertam Cabai) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, di Semarang, Senin (23/1). pertanian.go.id

SEMARANG, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan bahwa program tanam cabai di pekarangan rumah yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini mampu menekan biaya rumah tangga hingga Rp 600 triliun.

"Apabila dengan menanam cabai maka Rp 1 juta per bulan dapat ditekan untuk setiap rumah tangga, itu artinya Rp 60 triliun biaya rumah tangga akan dapat ditekan setiap bulannya, maka dalam 10 bulan dapat menekan Rp 600 triliun," kata Amran, Selasa(24/1).

Lebih lanjut Amran mengatakan, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dapat dijadikan sebagai daerah percontohan karena program ini sudah diterapkan sebelumnya dan membuahkan hasil.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

"Kami akan memanfaatkan 34 BPTP di seluruh Indonesia untuk melakukan pembibitan seperti cabai, sayur, dan buah-buahan tertentu yang diperuntukkan pekarangan rumah tangga yang memungkinkan untuk ditanami. Jawa Tengah ini sudah berhasil, Tim Penggerak PKK Jateng sudah menjalankan program ini dan berhasil," tutur Amran.

Oleh karenanya, Amran berharap program ini menjadi sebuah program bersama antara pemerintah dan masyarakat, khususnya kaum ibu-ibu agar bisa memanfaatkan setiap pekarangan yang ada dengan menanam cabai dan jenis sayur lainnya.

"Ini akan menjadi sebuah gerakan bersama, pemerintah dan masyarakat," pungkas Amran.

 

Program 'Kampung Cabai' Solusi Jitu Hadapi Kenaikan Harga Cabai

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana