logo


KPU Jakarta Pusat Mulai Lakukan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilgub DKI Jakarta

Pelipatan surat suara yang berjumlah 766.000 itu diperkirakan akan memakan waktu hingga tujuh hari ke depan.

24 Januari 2017 11:29 WIB

Kertas suara Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.
Kertas suara Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 telah tiba dari Makassar dan didistribusikan ke seluruh wilayah DKI, termasuk Jakarta Pusat (Jakpus).

Dan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat terhitung hari ini, Selasa 24 Januari 2017, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara.

Ketua KPU Jakarta Pusat, Arif Bawono, mengatakan, pelipatan surat suara yang berjumlah 766.000 itu diperkirakan akan memakan waktu hingga tujuh hari ke depan.


Ahok-Djarot Terancam Didiskualifikasi dari Pilkada, Kenapa?

"Akan kami maksimalkan supaya pekerja itu bisa tanggung jawab pada dusnya. Karena 1 dus 1 pekerja. Kita ada 30 pekerja maka diperkirakan ada 150 ribu yang bisa diselesaikan hari ini," ujar Arif di Gedung logistik KPU Jakarta Pusat, Senen, Jakarta, Selasa (24/1).

Setelah seluruh proses di tingkat Kota selesai, kata Arif, selanjutnya pihaknya akan mendistribusikan surat suara itu ke tingkat Kecamatan. Di tingkat Kecamatan, surat suara itu akan dimasukkan ke dalam kotak suara bersama logistik yang lain seperti tinta, formulir berita acara, dan lain-lain.

Terkait apakah ada kertas suara yang mengalami kerusakan, Arif mengaku hal tersebut belum diketahuinya, dikarenakan saat ini kertas suara tersebut masih di dalam kardus. 

"Belum tahu, ada yang surat yang rusak atau tidak karena masih dalam kardus," tukas Arif.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Asep Guntur Rahayu, Kapolsek Senen Kompol Indra Tarigan, beserta stakeholder penyelenggara dan pengawas Pemilu lainnya.

Aneh Betul, Pilkada Jakarta Masuki Tahap Pengeroyokan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana