logo


3 Jenis Nuri yang Terancam Punah

Ada 372 spesies burung nuri di seluruh dunia, hampir 40 %nya berada di Indonesia

27 November 2014 09:54 WIB

Secara fisik, bulu nuri talaud perpaduan warna merah dan biru. FOTO : ISTIMEWA
Secara fisik, bulu nuri talaud perpaduan warna merah dan biru. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Burungn nuri, siapapun rasanya akan terpesona bila melihat burung ocehan yang satu ini. Variasi warna kontras yang melekat pada bulu burung ini menjadi daya tarik utama yang membuatnya begitu indah dipandang. Ditambah dengan kemampuan kicauannya yang dapat menirukan suara manusia juga membuktikan akan kecerdasan yang dimilikinya. Maka tidak heran bila burung ini sangat populer di kalangan penghobi burung kicauan.

Burung Nuri termasuk salah satu burung ocehan yang mempunyai banyak jenis (spesies) di seluruh dunia. Setidaknya ada 372 spesies burung nuri di seluruh dunia, dengan hampir 40 % berada di Indonesia. Sayangnya populasi burung Nuri di Indonesia kian berkurang bahkan beberapa spesies diantaranya telah dinyatakan terancam punah, hal ini dikarenakan perburuan liar dan kerusakan hutan Indonesia yang semakin parah.

Profauna, lembaga yang bergerak di bidang perlindungan dan pelestarian satwa liar pada tahun 2012 lalu dalam laporan yang berjudul 'Flying Without Wings' mempublikasikan sebuah fakta tentang perdagangan burung Nuri. Ada sekitar 15.000 ekor burung Nuri dan Kakatua di tangkap lalu diperdagangkan. Kemudian di tahun 2008 Profauna kembali merilis data perdagangan burung Nuri dan Kakatua yang mencapai 10.000 ekor.


Bulog Galakan Pilot Project Pengolahan Jagung Menjadi Pakan Ternak

Tingginya perburuan liar terhadap burung Nuri jelas membuat keberadaannya di alam liar semakin berkurang. Indonesia selaku negara yang menjadi habitat hampir sebagian spesies burung Nuri bahkan sampai menetapkan burung Nuri sebagai burung yang dilindungi.

Berikut adalah jenis-jenis burung Nuri di Indonesia yang dinyatakan terancam punah :

Nuri Sayap Hitam (Black Winger Lory)

Sesuai namanya, ciri khas spesies Nuri yang satu ini terletak pada warna sayapnya yang berwarna hitam, dengan ukuran tubuh sedang sekitar 30 cm, dan pada bagian mata terdapat corak bulu berwarna bir

Nuri Tanimbar (Blue-streaked Lory)

Ciri khas burung nuri adalah memiliki bulu yang di dominasi oleh warna merah dengan sedikit varian hitam secara acak pada bagian tubuh dan adanya garis-garis melintang di sekitar mata serta punggung.

Nuri Talaud (Red and Blue Lory)

Secara fisik, tampak jelas pada bulunya yang terdiri antara perpaduan warna merah dan biru

Kementan Imbau Peternak Agar Cepat Melapor Jika Temukan Indikasi Penyakit Ternak

Halaman: 
Penulis : Riana