logo


Lestarikan Keris, Mahasiswa ISI Gelar Pameran Bertajuk 'Keris Tangguh Mataram'

Pameran ini akan digelar selama 5 hari dimulai tanggal 23 s.d 27 Januari 2017

24 Januari 2017 11:14 WIB

Salah satu keris yang di pamerkan di acara "Keris Tangguh Mataram" di Balai Soedjatmoko Surakarta.
Salah satu keris yang di pamerkan di acara "Keris Tangguh Mataram" di Balai Soedjatmoko Surakarta. Jitunews/Rofiq Hudawiy

SOLO, JITUNEWS.COM - Pengukuhan United Nations Education, Scientific And Cultural Organization (UNESCO) terhadap keris Indonesia sebagai karya agung warisan budaya memerlukan upaya pelestarian untuk menjaga keberlangsungan keris di era modern.

Karenanya, mahasiswa semester 7 Program Studi Keris dan Senjata Tradisional, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, menunjukan komitmennya untuk melestarikan keris dengan mengadakan pameran yang digelar di Balai Soedjatmoko Surakarta bertajuk "Keris Tangguh Mataram".


Indonesia Raup USD 1 Juta di Pameran Agroofood & Agriculture 2016 Arab Saudi

Rencananya, pameran ini akan digelar selama 5 hari dimulai tanggal 23 s.d 26 Januari 2017.

“Sengaja kami memilih tema Keris Tangguh Mataram karena pada masa ini keris mencapai masa puncaknya. Di masa ini lahir banyak keris hebat seperti Nogososro dan Gajahsingo,” ucap Itok, salah satu penyelenggara pameran saat ditemui Jitunews.com, di Solo, belum lama ini.

Itok menjelaskan, dalam pameran "Keris Tangguh Mataram" ini pihaknya menampilkan 12 keris yang semuanya adalah karya agung era Mataram Islam meliputi Mataram Sultan Agung, Mataram Senopaten, Mataram Kartasura/Mataram Amangkurat.

Terkait penyelenggaraan pameran ini, Ardus M Sawega, selaku pengelola Balai Soedjatmoko pun memberikan apresiasinya terhadap pameran yang digelar mahasisawa ISI ini.

“Inilah bibit bibit pemuda pelestari budaya, saya sangat berterima kasih karena masih ada pegiat-pegiat yang dengan komitmennya mau melestarikan budaya, apalagi ini para pemuda,” ucap Ardus dalam sambutannya di acara pembukaan pameran.

Dan rencananya, Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) sebagai organisasi yang menaungi dunia perkerisan nasional akan meninjau langsung ke lokasi pameran melalui Sekretaris Umumnya, yaitu Empu Basuki Teguh Yuwono.

Ingatkan Budaya Leluhur ke Generasi Muda, ISI Surakarta Adakan Kampung Seni

Halaman: 
Penulis : Rofiq Hudawiy, Riana