logo


Ini Sikap yang Harus Dimiliki Saat Berwirausaha

Dibutuhkan keahlian, ketekunan, keberanian, serta banyak hal lain agar usaha dapat berjalan

27 November 2014 09:30 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Ingin cepat sukses dan bosan menjadi bawahan? Satu-satunya jalan yang dapat Anda lakukan untuk segera dapat mewujudkan keinginan tersebut pastilah dengan berwirausaha. Namun, dibutuhkan keahlian, ketekunan, keberanian, serta banyak hal lain agar usaha dapat berjalan. Tidak sedikit orang yang gagal berwirausaha karena tidak menerapkan sikap-sikap wajib untuk berwirausaha tersebut.

Ingin lebih mengetahui sikap-sikap serta hal apa saja yang harus dilakukan dan diterapkan ketika Anda mulai memutuskan untuk berwirausaha? Berikut 7 hal yang harus Anda ketahui saat akan mulai berwirausaha menurut pendiri Rumah Perubahan Prof. Rhenald Khasali, Ph.D.

1. Percaya diri
Sikap ini adalah yang terpenting untuk dimiliki. Ketika seseorang sudah percaya diri akan apa yang dia sedang lakukan, segalanya akan terasa menjadi lebih ringan dan tidak dianggap beban.

2. Berani keluar dari zona nyaman
Ini adalah hal sulit yang kebanyakan orang akan menghindarinya. Namun, seseorang tidak akan tahu apa yang ada di luar kebiasaan dan tempatnya berada apabila tidak mencoba melakukan hal-hal baru.

3. Berlatih membiasakan diri
Latihlah diri Anda untuk dapat beradaptasi di berbagai wilayah, keadaan, serta kalangan agar dapat membentuk jaringan dan memperluas koneksi.

4. Tumbuhkan kepercayaan pelanggan
Kepercayaan yang berhasil ditumbuhkan pada pelanggan sesungguhnya lebih efektif dibandingkan dengan promosi atau iklan yang membutuhkan banyak uang. Pelanggan yang terpuaskan akan dengan sendirinya memberi rekomendasi pada orang lain mengenai bisnis Anda.

5. Berorientasilah pada tugas dan hasil
Berorientasilah pada tugas dan hasil yang maksimal, jangan pada keuntungan. Tugas yang dapat diselesaikan dengan baik akan memberikan hasil yang maksimal, dan keuntungan pun akan dengan sendirinya didapatkan berkat kerja yang brilian.

6. Berani mengambil resiko
Jangan takkut untuk mengambil sebuah keputusan penting. Setiap hal penting tentu akan memiliki resikonya tersendiri. Pertimbangkan segala sesuatunya dengan sangat matang, tetapi jangan terlalu takut untuk mengambil resiko bila memang diharuskan.

7. Jangan bergantung pada orang lain
Ini adalah masalah yang banyak ditemukan pada masyarakat pribumi. Lakukanlah segala sesuatunya secara mandiri, jangan berharap pada koneksi seperti keluarga dan teman. Gunakanlah mereka sebagai sebuah jaringan, tetapi jangan dijadikan sebagai gantungan.

 


Perhatikan 6 Tips Jitu Sebelum Memulai Usaha Les Privat

Catat! Ini Peluang Investasi yang Menggiurkan Saat Ramadhan

Halaman: 
Penulis : Hasballah