logo


Zumi Zola 'Ngamuk' di RS, Arteria DPR: Ini Preseden Buruk

"Beliau bisa panggil, tegur, dan mengganti kepala rumah sakit"

21 Januari 2017 18:29 WIB

Arteria Dahlan.
Arteria Dahlan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kalangan DPR RI mulai mengomentari amukan Gubernur Jambi, Zumi Zola, saat melakukan inspeksi mendadak di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi.

Komentar pedas bahkan dilontarkan Anggota Komisi II DPR RI, Arteria Dahlan. Menurut Arteria, sikap yang ditunjukkan Zumi itu dapat menimbulkan preseden buruk.

"Sangat kurang pas seorang Gubernur Jambi Zumi Zola bersikap seperti itu, ini preseden buruk. Saya juga tidak tahu maksud tujuan dan efektifitasnya sejauh mana," tegas Arteria, Sabtu (21/1), di Jakarta Pusat.


Aksi Gubernur Jambi Banting Kursi di Rumah Sakit

Padahal, lanjut Arteria, Zumi memiliki alat kelengkapan dan juga wewenang yang membuat dirinya bisa melakukan upaya korektif. Termasuk juga upaya yang lebih efektif.

"Beliau bisa panggil, tegur, dan mengganti kepala rumah sakit. Beliau bisa perintahkan inspektorat untuk lakukan pengawasan. Penyimpangan pidana bisa minta bantuan Polda dan Kejaksaan. Bisa menggandeng Ombudsman Jambi untuk lakukan pengawasan dan lain-lain," tandas Arteria.

Sebelumnya, dalam video yang beredar di dunia maya, Zumi tampak memasuki sebuah ruangan. Lantas terdengar seperti suara benda terjatuh diikuti suara Zumi menghardik orang-orang yang ada di ruangan tersebut yang diperkirakan dokter dan perawat jaga.
"Bangun, kerja apa kalian kayak gini," ujar Zumi dalam video tersebut.

Zumi kemudian meminta mereka untuk berdiri di dekat sebuah meja panjang. Di sana, Zumi memarahi sekitar empat orang dari pihak rumah sakit.

Divonis 6 Tahun Penjara, Zumi Zola: Terima Kasih

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro