logo


Kembang Sepatu Sungsang, Bunga Elok Kaya Khasiat

kembang ini mempunyai efek farmakologis yaitu anti radang, menghilangkan pembengkakan, dll

27 November 2014 09:16 WIB

Jika ingin mengembangbiak kembang sapatu sungsang cukup dengan melakukan stek batang atau biji. FOTO : ISTIMEWA
Jika ingin mengembangbiak kembang sapatu sungsang cukup dengan melakukan stek batang atau biji. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang mengenal keelokan bunga sepatu atau kembang sepatu. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada spesies lain dari kembang sepatu yang bernama kembang sepatu sungsang?

Jenis ini menurut cirikhusus.blogspot.com, umumnya ditanam sebagai tanaman hias di halaman atau mungkin sebagai tanaman pagar di pedesaan. Tanaman ini memiliki tinggi 2 - 4 m dengan cabang menggantung.Daunnya tunggal bertangkai dengan tepi bergerigi dengan panjang 2 - 12 cm dan lebar 1 - 7,5 cm. Bunganya keluar dari ketiak daun dan letaknya pun unik yaitu tergantung ke bawah dengan tangkai yang panjangnya 8 - 16 cm. Mahkota bunga melekuk ke atas dengan warna merah cerah dengan pangkal lebih tua.

Selain itu tabung benang sari yang lemas dengan panjang 8-9 cm menambah keunikan bunga ini. Jika ingin mengembangbiakkan cukup dengan melakukan stek batang atau biji.


Khasiat Jitu Tanaman Patah Tulang

Sementara itu, untuk perawatannya, flora-sutamto.blogspot.com memaparkan bahwa kembang sepatu sungsang dirawat hanya dengan disiram dengan air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan menggunakan pupuk organik.

Kembang sepatu sungsang ini memiliki kandungan kimia yang sayangnya masih belum banyak diketahui. Selain itu, kembang ini mempunyai efek farmakologis yaitu anti radang, menghilangkan pembengkakan, mengeluarkan nanah, serta menumbuhkan sel baru.

Daunnya juga memiliki khasiat mengobati abses, bisul, radang ginjal, radang kulit bernanah, radang sendi, dan juga rematik arthritis.

Khasiat di Balik Buah Kesemek

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×