logo


Fakta Unik Kelinci Anggora

Ada 4 jenis kelinci angora yaitu angora inggris, angora perancis, angora satin dan giant angora

27 November 2014 08:57 WIB

kucing anggora menggemaskan
kucing anggora menggemaskan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kelinci hias sama seperti kucing hias. Jenisnya adalah anggora yang berbulu lebat, halus dan menggemaskan. Karena lucu, banyak orang yang memelihara kelinci anggora tersebut sebagai hewan peliharaan.

Berikut fakta unik tentang kelinci anggora :

1. Ada 4 jenis kelinci angora yaitu angora inggris (English angora), angora perancis (French angora), angora satin dan giant angora sedang angora jerman adalah hybrid.


Mahasiswa Ini Panen Laba Rp 88 Juta Sebulan dari Kecoa, Kok Bisa?

2. Jenis kelinci angora giant adalah yang terbesar dengan berat bisa mencapai 10 kg. Bulunya panjang yang menutupi seluruh tubuhnya, wajahnya agak kotak dan memiliki telinga tegak panjang. Sayangnya hanya satu warna yang diakui sebagai standard tahun 1988 yaitu warna putih.
3. Angora giant hasil pemuliaan kelinci oleh Louise.W di Massachusetts. Jenis kelinci angora Jerman memiliki sifat yang kalem dan perawatannya tergolong agak ringan. Bulunya (wol) sangat kuat dan tebal, berat kelinci angora jerman bisa mencapai 6 kg. Produktivitasnya bisa mencapai empat kali lipat dari angora yang lain.

4. Kelinci angora Perancis sangat popular sebagai hewan peliharaan dan perawatan bulunya lebih ringan karena bulunya tidak terlalu panjang. Ciri-cirinya pada wajah, telinga, kaki bulunya realtif pendek dan memiliki berat badan sekitar 7 pon. Warnanya juga banyak yaitu chesnut, agouti, tort, pearl dsb. Konon angora perancis lebih tua dari angora Inggris.

5. Bakal kelinci angora Inggris adalah cocok buat hewan peliharaan karena lembut dan merupakan jenis terkecil dari kelinci angora. Karena bulunya yang bisa panjang maka diperlukan kesabaran bakal merawat bulunya. Warna bulunya juga beragam, ada pearl, chinchilla, coklat, abu, ungu, putih dsb.

6. Kelinci satin angora hasil pemuliaan oleh Meyer yakni berasal dari kelinci satin dengan angora Perancis yang sudah diakui pada tahun 1987.

7. Perawatan kelinci anggora juga relatif mudah. Dengan pemberian pakan rutin 3 kali sehari berupa campuran konsentrat dan ampas tahu, kelinci jenis ini dapat tumbuh besar dalam waktu singkat.

8. Kelinci jenis anggora mampu bereproduksi setiap 3 bulan sekali dengan jumlah anakan mencapai 6 sampai 12 ekor sekaligus. Tiap anakan bisa langsung kawin ketika umurnya sudah mencapai 6 bulan.

9. Hewan lucu satu ini juga tergolong tahan penyakit. Peternak hanya perlu memberikan suntikan vitamin dan penyemprotan disinfektan pada kandang secara teratur untuk menjaga kondisi fisik kelinci.

10. Harga kelinci anggora dewasa berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu per ekor, tergantung pada keindahan bulunya. sementara untuk anakan, harganya berkisar antara 100 hingga 150 ribu rupiah.

Jadi, jika anda selama ini hanyalah seorang penghobi kelinci dan ingin memperoleh penghasilan tambahan, tidak ada salahnya jika mulai sekarang beralih menjadi peternaknya

NasDem Minta Pemerintah Perhatikan Petani Ternak Sapi Perah

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid