logo


Mahasiswa UGM Berhasil Sulap Daun Sukun Jadi Obat Sakit Ginjal

Ramuan orbal herbal tersebut berupa teh dari daun sukun.

20 Januari 2017 15:33 WIB

Daun Sukun.
Daun Sukun. Istimewa

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada berhasil mengembangkan obat herbal yang membantu menyembuhkan sakit ginjal dan jantung. Mahasiswa tersebut adalah Suhartono dan Retno Wulandari yang membuat ramuan obat herbal berupa teh dari daun sukun.

"Dalam uji laboratorium dan penelitian, daun sukun mengandung berbagai unsur kimia alami yang dibutuhkan tubuh manusia. Salah satu kandungannya adalah  Flavonoid dan Sitosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskuler serta bermanfaat bagi penyembuhan penyakit ginjal." terang Suhartono di Sleman, Kamis (19/1/2017).

Sebagai tindak lanjut hasil risetnya, kini Suhartono dan Retno berupaya untuk mengembangkan dan memproduksi teh herbal ini di rumahnya, tepatnya di Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Sehatnya Berwisata Jamu di Merapi Farma Herbal

"Umumnya bagi sebagian besar orang, daun sukun ini memang tidak memiliki nilai dan manfaat, namun kami mengembangkannya dan membuatnya sebagai minuman herbal teh celup yang memiliki banyak khasiat," ucap Suhartono.

"Daun sukun kering lebih mudah didistribusikan kepada konsumen, sehingga dapat dikonsumsi oleh semua elemen masyarakat, tua muda dan anak-anak, untuk memperoleh khasiatnya.” lanjutnya.

Obat herbal tersebut sudah diminati oleh masyarakat. Produk tersebut saat ini telah mampu menembus pasar luar daerah dengan penjualan mencapai 600 dus tiap bulannya.

Sekilas Tentang Evolusi Bentuk Obat Herbal Nusantara

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama