logo


Serupa tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan antara Habib dan Sayyid

Habib dan Sayyid adalah hal yang sekilas merujuk ke satu hal yang sama namun sejarahnya berbeda

20 Januari 2017 10:45 WIB

Lokasi Haul Habib Ali Al Habsyi.
Lokasi Haul Habib Ali Al Habsyi. Jitunews/Rofiq Hudawiy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masyarakat pada umunya mengidentikan Habib dan Sayyid dengan maksud yang sama. Biasanya keturunan Arab dengan stereotip berjanggut tebal dan bersorban. Masyarakat hanya mengetahui bahwa Habib adalah pendakwah yang harus dihormati.

Tentu tidak semua keturunan Arab bisa disebut Habib. Misalnya, Abu Bakar Ba’asyir mantan Amir Mujahidin MMI (Majelis Mujahidin Indonesia) yang kini memimpin Jama’ah Ansharut Tauhid. Keturunan Arab dari Yaman, Ba’asyir bukanlah tergolong Habib, dan tidak pernah mau disebut dan diperlakukan sebagai Habib. Sebab, menurut Ba’asyir, dirinya bukan keturunan Fathimah ra.

Secara arti harfiah, habib secara bahasa berarti keturunan Rasulullah yang dicintai. Adapun, habaib adalah kata jamak dari habib. Jadi tidak semua keturunan Rasulullah bisa disebut habib.


Kalau Polisi Pakai Cara Provokatif, Kemungkinan Besar Pendukung Habib Rizieq Akan...

Keturunan Rasulullah dari Sayyidina Husein disebut sayyid, dan dari Sayyidina Hasan disebut assyarif. Hasan dan Husein merupakan putra Sayyida Fatimah binti Muhammad dengan Ali bin Abi Thalib. Mayoritas pendakwah keturunan Arab di Indonesia para keturunan Rasullullah banyak yang berasal dari Husein. Maka banyak yang disebut sayyid.

Sementara keturunan-keturunan Hasan kebanyakan menjadi raja atau presiden seperti di Maroko, Jordania, dan kawasan Timur Tengah. Pertama kali ulama-ulama dari Yaman atau Hadramaut masuk ke Indonesia di beberapa daerah. Adanya akulturasi budaya, sebutan sayyid di Aceh berubah menjadi Said, di Sumatra Barat menjadi Sidi dan lain sebagainya.

Saat ini banyak orang yang mengaku sebagai seorang habib, padahal bukan. ‘Gelar’ habib, kata dia, tidak bisa disematkan kepada setiap sayyid. Setiap habib harus sayyid, tetapi sayyid belum tentu habib. Seorang sayyid, tidak bisa mengatakan bahwa dirinya sendiri adalah habib harus ada pengakuan dari komunitas di sekitarnya.

Habib Rizieq Ucapkan Syukur dari Yaman, Karena Hal Ini...

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq