logo


Kementan Sosialisasikan Program Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Potensi lahan pekarangan yang ada di Indonesia mencapai 10,3 juta hektar

19 Januari 2017 12:06 WIB

Mentan Amran dan Tim Penggerak Pembina PKK.
Mentan Amran dan Tim Penggerak Pembina PKK. dok. Kementan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini sedang gencar melakukan langkah sosialisasi program menanam cabai di pekarangan rumah. Program ini dirasa sangat penting dilakukan mengingat harga cabai yang terus mengalami fluktuasi dan turunnya jumlah pasokan karena iklim buruk terus terjadi.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan, potensi lahan pekarangan yang ada di Indonesia mencapai 10,3 juta hektar. Bila lahan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal, dirinya optimis akan mampu menyelesaikan permasalahan kenaikan harga beberapa komoditas saat ini.

"Kami akan menggencarkan program pemanfaatan pekarangan dengan menanam cabai. Kami akan memanfaatkan seluruh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) melakukan pembibitan seperti cabai, sayur, dan buah-buahan tertentu yang diperuntukkan pekarangan rumah tangga yang memungkinkan untuk ditanami," kata Amran di Jakarta, Kamis (19/1).


Gapoktan Rukun Tani : Laba Budidaya Cabai Bisa 5 Kali Lipat dari Modal!

Amran menambahkan, bibit-bibit tersebut akan diberikan gratis untuk ditanam di pekarangan rumah warga yang ada di seluruh Indonesia dan akan diberikan pendampingan dari penyuluh yang ada di Desa dan Kabupaten.

"Bibit yang dihasilkan BPTP nanti akan diberikan gratis. Dan mereka akan diberikan pendampingan juga, ada 1000 pendamping. Mereka akan membantu seperti misalnya ada masalah penyakit di tanamannya dan sebagainya," jelas Amran.

Tidak hanya untuk tanaman, lanjut Amran, pemanfaatan lahan pekarangan ini juga akan diberdayakan untuk pengembangan ayam petelur atau tambak perikanan skala rumahan, apabila lahannya memungkinkan.

"Pekarangan rumah tangga ini tidak hanya untuk tanaman, apabila memungkinkan, juga bisa untuk pengembangan ayam petelur atau tambak perikanan yang untuk konsumsi sendiri atau dijual," pungkas Amran.

Budidaya Cabai IPB CH3, Simple!

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana