logo


Kasus Korupsi Pembangunan Masjid, Kabareskrim Sebut Sylviana Atasan Pelaksana

19 Januari 2017 10:21 WIB

Cawagub DKI Jakarta nomor urut 1, Sylviana Murni saat melakukan kampanye di Gelanggang Remaja Jakarta Utara.
Cawagub DKI Jakarta nomor urut 1, Sylviana Murni saat melakukan kampanye di Gelanggang Remaja Jakarta Utara. Instagram @sylvianamurni_

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut Satu, Sylviana Murni, akan segera dipanggil bareskrim terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Al Fauz di kantor Wali Kota Jakarta Pusat tahun anggaran 2010-2011.

Pemanggilan terhadap pasangan Agus Harimurti Yudhoyono itu, jelas Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, karena pada saat itu posisi Sylviana merupakan atasan dari pelaksana proyek pembangunan masjid.

"Dia (Sylviana) itu sebagai atasan dari pelaksana (proyek). Kami ingin lihat mekanismenya. Ada dugaan kerugian (negara) dan spesifikasi (yang tidak sesuai)," kata Ari, Kamis (19/1), di Mabes Polri, Jakarta.


Jelang Debat Kandidat Tahap I, Sylvi Gerilya Ketemu Ahli Ekonomi

Ari juga menegaskan, pemeriksaan terhadap Sylviana dalam kasus tersebut tidak berbau politis. "Auditnya dari BPK ya. (Ini tidak politis) sama seperti yang lain juga," tegas Ari.

Sebelumnya, Bareskrim telah memeriksa Mantan Wali Kota Jakarta Pusat periode 2010-2014, Saefullah, untuk dimintai keterangannya terkait dugaan korupsi tersebut.

Pembangunan Masjid Al Fauz dimulai saat kursi wali kota Jakarta Pusat masih dijabat oleh Sylviana Murni. Calon wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menjabat sebagai wali kota Jakarta Pusat pada 2008 hingga awal November 2010.

Masjid dua lantai itu dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2010-2011 sebesar Rp 27 miliar. Badan Pemeriksa Keuangan juga tengah memeriksa proyek tersebut. Sebanyak 20 saksi juga telah diperiksa.

 

Dituding Main Mata dengan FPI, Timses Agus-Sylvi: Ini Soal FPI dengan Ahok

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro
 
×
×