logo


Dipicu Korsleting Listrik, Pasar Senen Kembali Dilalap si Jago Merah

Berdasarkan informasi petugas piket Sudin Damkar Jakarta, api diketahui mulai membara sejak pukul 04.30 dari Blok III di kios asesoris

19 Januari 2017 09:05 WIB

Kebakarn di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1/2017).
Kebakarn di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1/2017). Twitter

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kebakaran hebat kembali melanda pusat perbelanjaan Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat. Berdasarkan informasi petugas piket Sudin Damkar Jakarta, api diketahui mulai membara sejak pukul 04.30 dari Blok III di kios asesoris. Petugas memperkirakan, kebakaran itu dipicu korsleting listrik.

Hingga saat ini, sebanyak 46 unit damkar diturunkan untuk memadamkan api. Namun, meski telah berjuang jam lebih lamanya, petugas masih belum mampu menjinakkan api. Ini tak lepas dari banyaknya bahan yang mudah terbakar di lokasi kejadian. Seperti kain, pakaian, dan sejumlah barang lainnya.

"Api awalnya terlihat di lantai satu, kemudian membesar dan paling terdampak sekarang di lantai tiga. Api dengan cepat menjalar karena di dalam banyak sekali bahan yang mudah terbakar," kata Perwira Piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Syarifudin di lokasi kejadian, Jakarta, Kamis (19/1).


Tak Ada Korban Jiwa dalam Kebakaran Gerbong KA Kertajaya

Syarifudin melanjutkan, sedari subuh petugas damkar sudah berjibaku memadamkan api. Namun, karena pintu gerbang lantai satu yang masih terkunci rapat, menyulitkan petugas untuk masuk ke gedung guna memadamkan api. Alhasil, petugas hanya bisa memadamkan api dari luar.

"Gerbangnya masih dikunci semua, kita coba antisipasi agar api tidak merambat," beber dia.

Hingga pukul 07.30 WIB, petugas masih memadamkan api di lantai tiga yang dihuni kios-kios dengan barang yang dijajakan sebagian besar pakaian bekas. Saat petugas berjibaku memadamkan api, ratusan pedagang juga berusaha menyelamatkan barang dagangannya. Tak sedikit, banyak barang dagangan yang diletakkan di sepanjang jalan.

"Saya dikasih tahu teman kalau pasar kebakar. Saya buru-buru saja ke sini untuk menyelamatkan barang-barang saya. Walau tidak semua bisa saya selamatkan," kata Ahuang, salah satu pedagang di Pasar Senen yang tinggal di Johar Baru.

Hingga kini, masih belum diketahui apakah ada korban tewas atau luka. Jumlah kerugian pun masih belum diketahui. Namun sebagai informasi, kali ini untuk kedua kalinya Pasar Senen terbakar. Sebelumnya pernah terbakar pada April 2014 lalu.

Untuk lalu lintas sendiri, saat ini persimpangan arteri dan jalur Transjakarta Pasar Senen menuju Stasiun Senen, maupun menuju Stasiun Gambir ditutup.

Kapolri Harus Bersikap Soal Penegakan Hukum dalam Insiden Kebakaran Hutan

Halaman: 
Penulis : Riana