logo


Segarnya Cuan Usaha Susu Kambing, Mahasiswi Ini Membuktikannya!

Merek susu segar kambing milik Ela adalah 'Susu Kambing Hasya'

18 Januari 2017 13:39 WIB

Ilustrasi susu kambing.
Ilustrasi susu kambing. modernfarmer.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Meningkatnya permintaan susu kambing membuat prospek usaha ternak kambing ini sangat menjanjikan. Hal tersebut pun diamini Ela, mahasiswi salah satu universitas Pekanbaru, Riau.

Karena melihat cuan di bisnis susu kambing ini 'segar', bersama sang kakak, Ela pun memilih memelihara kambing ketimbang bekerja menjadi buruh karena bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp 350.000 per hari.

"Saya sambil kuliah berdagang susu segar, abang yang memelihara kambingnya. Usaha ini sangat berpotensi dan menguntungkan di Pekanbaru, karena selama ini susu kambing dipasok dari Payakumbuh," beber Ela.


Wagimin Galakkan Peternakan Kambing PE dengan Konsep Agrowisata

Setiap harinya, Ela bersama sang kakak melakukan pengolahan sederhana terhadap susu kambingnya. Ela juga mengatakan, dirinya tak luput menerapkan pola sterilisasi terlebih dahulu terhadap puting kambing, dan pemerahan susu dilakukan tiap pagi oleh kakaknya.

Setelah ditampung pada tabung steril, kata Ela, dirinya melakukan proses penyaringan dan pengemasan ke dalam botol khusus yang sudah di label merek. Soal harga, Ela pun mengaku bahwasanya harga susu kambing jauh lebih bagus daripada susu sapi.

"Merek susu segar kambing milik kami 'Susu Kambing Hasya'. Soal harga, susu kambing segar dijual Rp 70.000 per liter sementara susu sapi hanya Rp 20.000 per liter," beber Ela.

Dikatakan Ela, kini ia dan kakaknya memelihara 30 ekor kambing betina yang khusus untuk menghasilkan susu segar. Tiap harinya usaha ini mampu menghasilkan lima liter susu kambing segar.

Untuk proses pemasaran, ia mengatakan tidak hadapi kesulitan karena sudah dikenal. Selain melayani penjualan untuk kemasan botol yang dihargai Rp25.000 per botol. Ternyata pihaknya juga menerima pesanan untuk Jumlah besar.

"Kami juga melayani permintaan untuk kefir," terangnya.

Lebih lanjut, Ela pun menjamin susu segar kambing produksinya tidak dicampur apapun, baik perasa, maupun pengawet, apalagi dioplos. Sehingga sangat cocok bagi penyembuhan penyakit kolesterol dan untuk metabolisme tubuh, asma, kanker, bisa juga ganti ASI, dan lain-lain.

 

Resep Susu Jolong Untuk Anak Kambing dan Domba

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×