logo


Cara Jitu Untuk Mengajak Keluarga Bersih-Bersih Rumah

Beberapa keluarga mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tersebut

17 Januari 2017 16:45 WIB

Ilustrasi membersihkan rumah bersama keluarga.
Ilustrasi membersihkan rumah bersama keluarga. msmyrnasellsrealty.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Cara memanfaatkan waktu luang dapat berbeda antar satu orang dengan lainnya. Waktu luang tidak hanya dimanfaatkan untuk tamasya atau pergi ke tempat wisata, tetapi waktu luang juga dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Berkumpul bersama keluarga tidaklah harus mahal dan mewah, tetapi dengan hal sederhana, seperti bekerja sama dalam membersihkan rumah juga merupakan salah satu cara memanfaatkan waktu luang.

Tidak hanya dapat berkumpul bersama keluarga, membersihkan rumah juga membuat rumah menjadi lebih bersih sehingga tampak seperti rumah baru. Akan tetapi, mengajak keluarga untuk membersihkan rumah bersama-sama bukanlah perkara mudah.


Jangan Sampai Terjadi! Inilah 6 Penyesalan Terbesar Ketika Sudah Tua

Berikut ini beberapa cara jitu mengajak keluarga bergotong royong membersihkan rumah secara bersama-sama.

1. Mulailah dengan minta tolong

Sikap memerintah dan menyuruh malah membuat orang semakin kesal, bahkan apa yang diperintahkan malah disepelehkan atau diremehkan. Hal tersebut membuat seseorang tidak melaksanakan apa yang diperintahkan.

Oleh karena itu, mulailah dengan minta tolong secara lemah lembut kepada seluruh anggota keluarga untuk membantu membersihkan rumah secara bersma-sama.

2. Jangan ragu meminta bantuan suami

Pasangan adalah seseorang yang bisa diajak bekerja sama salam memecahkan masalah dan melaksanakan sesuatu hal yang tak dapat dilakukan sendiri. Sikap terbuka sangat dibutuhkan antara kita dengan pasangan.

Jadi, ketika membutuhkan bantuan, maka langsung saja mengutarakannya dengan pasangan. Salah satunya adalah ketika ingin membersihkan lantai, tetapi terhalang sofo, maka mintalah bantuan pasangan untuk memindah sofa yang menghalangi tersebut. Selain itu, keterbuakaan dengan pasangan dapat menjaga hubungan tetap harmonis.

3. Tulis daftar pekerjaan

Jenis pekerjaan yang akan diberikan anggota keluarga sebaiknya disesuaikan dengan usia anggota keluarga tersebut. Jadi, seorang ibu hendaknya membuat daftar pekerjaan dan menyesuaikannya juga dengan anggota keluarganya.

Salah satu contohnya adalah untuk anak usia 2 – 5 tahun, pekerjaan yang sesuai, seperti menaruh mainan di kotak, mengambil buku yang tergeletak di lantai, dan lain sebagainya.

4. Akhiri dengan terima kasih

Pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan bersama-sama, sebaiknya diakhiri dengan terima kasih. Ucapan terima kasih merupakan suatu penghargaan atau apresiasi atas apa yang sudah dikerjakan.

8 Cara Jitu untuk Jadi 'Morning Person'

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama