logo


Produksi Ikan Lele Indonesia Tembus Pasar Dunia

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari BKIPM sebesar Rp 51,75 M

17 Januari 2017 16:20 WIB

Budidaya ikan lele.
Budidaya ikan lele. dok. bibitikan.net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut bahwa hasil ikan nila dan lele sudah dapat menembus pasar internasional. Hal ini terbukti dengan catatan bahwa ekspor ikan oleh Indonesia pada 2016 sebanyak 86.582 kali.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina, mengatakan bahwa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang bersal dari (BKIPM) sebesar Rp 51,75 miliar. Angka tersebut sangatlah fantastis, mengingat target yang ditentukan hanya 13,04 miliar.

“Selain itu, selama 2016, PNBP BKIPM mencapai Rp 51,75 miliar. Angka ini tentunya tercapai melebihi dari target Rp 13,04 miliar.” ujar Rina di Jakarta beberapa waktu lalu.


Bangun Sektor Pangan RI, KPK Lontarkan Saran Mumpuni

Adanya peningkatan pemeriksaan hasil tangkap perikanan sangatlah berpengaruh. Hal ini mendorong kenaikan pemasukan negara mencapai Rp 14,02 miliar. Disamping adanya intergrasi sistem penjaminan mutu sebagai upaya meningkatkan kualitas ikan.

“Kenaikan PNBP ini dikarenakan adanya peningkatan pemeriksaan terhadap hasil perikanan senilai Rp 14,02 miliar serta adanya integrasi sistem sertifikasi mutu dan karantina ikan.” tegas Rina.

BKIPM disebut akan semakin gencar melakukan pengawasan laut, khususnya di wilayah perbatasan. Lebih-lebih tentang penyelundupan hasil laut.

Di samping itu, peningkatan ekspor akan terus diupayakan dengan perbaikan dan inspeksi dengan berbagai lembaga, baik dalam maupun luar negeri.

Cara Mudah Budidaya Kutu Air Pakan Alami Ikan Cupang

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama