logo


Ingin Mata Sehat Saat di Depan Komputer? Yuk Ikuti Tips Ini

16 Januari 2017 16:00 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. net

JITUNEWS.COM - Mengerjakan tugas dengan waktu lama di depan laptop atau komputer ternyata mempengaruhi kesehatan mata kita. Mata kita jadi kering, lelah sampai menyebabkan sakit kepala. Coba yuk, kurangi gangguan tersebut dengan cara ini.

1. Atur pencahayaan
Biasakan untuk selalu berada pada cahaya yang terang saat di depan komputer atau laptop. Atur juga brightness layar sehingga sama terangnya dengan sekeliling ruangan atau kamar kita. Kalau pakai kacamata, jangan lupa pertimbangkan untuk pakai lensa dengan lapisan AR (anti-reflective), ya.

2. Berkedip
Setiap kali kita berkedip, kelopak mata menyebarkan air mata alami ke permukaan mata. Hal tersebut dapat mencegah mata kering yang tidak akan menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Soalnya, saat bekerja di depan laptop atau komputer, biasanya seseorang akan kurang berkedip.


Ingin Kulit Tetap Lembap Selama Berpuasa? Lakukan Hal Ini

3. Latih otot mata
Untuk mengurangi risiko otot mata terkunci pada kondisi atau arah pandang yang itu-itu saja, yuk, latih otot mata. Pandang sebuah objek yang jauhnya sekitar enam meter dari tempat kita mengerjakan tugas selama 10-15 detik, lalu tatap sesuatu yang dekat (sekitar 40 cm) selama 10-15 detik. Setelah itu, amati objek jauh lagi dan ulangi proses tadi. Mata kita selalu terasa relaks, lho!

4. Istirahat
Untuk mengurangi risiko mata tegang akibat menatap layar terus menerus, buang pandangan dari komputer sedikitnya 20 menit setiap hari dan pandang objek yang jauh (sedikitnya 6 meter) selama 20 detik. Jangan lupa untuk istirahat. Coba deh, berdiri dan lakukan peregangan tangan, kaki, punggung, leher dan bahu untuk mengurangi tegangan.

5. Perhatikan jarak komputer
Pastikan posisi kita nggak terlalu dekat dengan komputer. Atur jarak layar sejauh 50 cm dari mata kita. Pilih juga tempat duduk yang nyaman dan empuk untuk membuat tubuh dan kepala nyaman, supaya tidak mudah sakit leher, kram bahkan sakit pinggang. (berbagai sumber)

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Kumur dengan Baking Soda Hingga...

Halaman: 
Penulis : Satria Budi