logo


Ketika Penggusuran Sering Jadi 'Amunisi' Lawan, Ahok Hanya Bilang Begini...

"Sekarang kamu tanya, hampir semua warga yang tinggal di daerah sungai sudah tahu mau dipindahin"

16 Januari 2017 04:00 WIB

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Normalisasi aliran sungai yang berujung dengan penggusuran rupanya menjadi amunisi yang kerap dilontarkan para pesaing Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) jelang Pilkada DKI Jakarta 2017.

Hal itu setidaknya terlihat ketika ajang debat yang berlangsung pada hari Jumat, tanggal 13 Januari 2017 kemarin. Pasangan nomor urut satu dan tiga kembali menyentil Ahok-Djarot soal penggusuran.

Dikatakan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, penggusuran merupakan cermin kebijakan yang tumpul ke atas dan tajam ke bawah.


Tim Ahok-Djarot Siapkan Acara Nonton Bareng Debat di Rumah Lembang

Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menyebut, upaya tersebut merupakan tindakan yang tak berkeadilan. Pasangan nomor urut tiga ini bahkan mengatakan, penggusuran tersebut dilakukan tanpa dialog. Alhasil, sumber kehidupan warga banyak yang terampas.

Menanggapi hal itu, lagi-lagi Ahok menegaskan, apa yang dilakukan pihaknya semata-mata bertujuan untuk mengatasi banjir yang kerap melanda Ibu Kota. Ia juga membantah jika upaya itu dilakukan tanpa adanya dialog terlebih dahulu.

"Kita pasti dialog. Sekarang kamu tanya, hampir semua warga yang tinggal di daerah sungai sudah tahu mau dipindahin,” ujar Ahok, Minggu (15/1), di Posko Relawan Nusantara, Jalan Taman Patra X, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ahok pun mengakui bahwa kebijakan tersebut tidak dapat diterima semua warga, akan tetapi menurutnya, banyak juga warga yang merasakan dampak positifnya.

Karena itu, untuk mengetahui diterima atau tidaknya kebijakan tersebut, Ahok menyerahkannya pada saat pencoblosan yakni pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang. "Makanya gini saja, tunggu saja tanggal 15 Februari,” tutup Ahok.

Dalam Debat, Ahok Singgung 'Rumah Apung' Agus

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro