logo


Inilah Fakta Beras Merah Lebih Sehat Dikonsumsi

Beras merah juga dapat menurunkan resiko diabetes

14 Januari 2017 13:09 WIB

Ilustrasi beras merah
Ilustrasi beras merah istimewa

Beras merah merupakan whole grain atau biasa disebut dengan gandum utuh. Dalam beras merah terkandung seluruh bagian dari biji-bijian, seperti dedak berserat, bakteri baik, dan endosperm yang kaya akan karbohidrat.

Selain mengandung serat yang tinggi, berdasrakan beberapa studi, beras merah juga dapat menurunkan risisko diabetes. Maka dari itu, beras merah merupakan makanan sehat yang biasa dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

Nilai gizi dari secangkir nasi merah adalah setara dengan empat gram serat dan lima gram protein. Sementara itu, nilai gizi secangkir nasi putih setara dengan satu gram serat dan empat gram protein.


Berikan Bantuan Alsintan, Komisi IV Berharap Produksi Meningkat

Ternyata, beras putih juga lebih mudah dimasak karena serat yang terdapat di dalam beras putih berkurang sehingga menyebabkan matang lebih cepat. Tidak hanya hal tersebut, nasi putih yang dihasilkan lebih lembut dan pulen daripada nasi merah. Hal tersebut yang mempengaruhi kebanyakan orang lebih memilih beras putih daripada beras merah.

Tidak menutup kemungkinan beras merah tidak bisa dimasak. Hal tersebut salah. Meskipun beras merah mengandung banyak serat, beras merah tetap bisa dimasak. Hanya saja beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat nasi merah matang sempurna. Memasaknya pun dapat menggunakan rice cooker atau oven.
(rni)

Mentan Syahrul Paparkan Terobosan untuk Majukan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama