logo


Inilah Fakta Beras Merah Lebih Sehat Dikonsumsi

Beras merah juga dapat menurunkan resiko diabetes

14 Januari 2017 13:09 WIB

Ilustrasi beras merah
Ilustrasi beras merah istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kesehatan merupakan hal yang utama dan wajib diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Harga yang sangat mahal setara dengan tubuh kita yang sehat. Menjaga pola makan agar asupan gizi dapat terpenuhi adalah salah satu cara agar kesehatan tetap terjaga.

Pola makan yang baik dan benar adalah dengan tidak memakan semua makanan yang belum pasti memiliki khasiat atau kegunaan bagi tubuh kita. Salah satu contoh makanan yang baik untuk kesehatan adalah beras merah. Perlu diketahui bahwasanya beras merah lebih menyehatkan daripada beras putih.

Akan tetapi, pada kenyataannya, kebanyakan orang lebih memilih mengonsumsi nasi putih daripada nasi merah karena orang-orang berpandangan bahwa nasi putih memiliki cita rasa yang lebih enak.


Berikan Bantuan Alsintan, Komisi IV Berharap Produksi Meningkat

Hal tersebut diibaratkan seperti kebanyakan orang lebih memilih makan roti putih daripada roti gandum utuh. Meskipun berasal dari biji yang sama, jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah dapat dikatakan lebih sulit proses penjualannya dan lebih mahal harga pembeliannya.

Sebenarnya, perbedaan antara beras putih dan beras merah terletak pada proses pengolahannya. Jika dibandingkan dengan beras merah, beras putih melalui lebih banyak proses pengolahan.

Dalam laman Huffington Post, setelah panen pertama, beras dibersihkan dan dikupas kulitnya. Dalam tahap ini, beras merah memiliki beberapa lapisan dedak tipis yang melapisi grain atau bagian intinya.

Sedangkan untuk memperoleh beras putih, harus melewati beberapa tahap lagi, yaitu proses penggilingan dan pemolesan beras untuk menghilangkan dedaknya sehingga bakteri baik, kandungan serat, vitamin, dan nutrisinya juga ikut berkurang.

Mentan Syahrul Paparkan Terobosan untuk Majukan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama