logo


Tips Menanam Sayuran di Lahan Sempit

13 Januari 2017 12:00 WIB

Ilustrasi buah dan sayuran.
Ilustrasi buah dan sayuran. Istimewa

JITUNEWS.COM - Suka berkebun tapi memiliki lahan yang sempit? Jangan khawatir, Mulyadi,seorang penyuluh dan koordinator Kampung Sayur Organikdi Mojosongo, Solomemberikan beberapa tipsnya untuk kamu:

1. Pilih tanaman yang cepat tumbuh
Pilihlah tanaman yang cepat tumbuh, seperti sayuran selada, sawi, kangkung atau sayur lainyang biasanya bisa dipanen hanya dalam waktu 3 bulan saja. Ketika melihat tanaman yang ditanam bisa tumbuh dengan baikdan menikmati hasil panennyatentu akan memberikan kepuasan serta semangat tersendiri.

2. Memvariasikan tanaman
Kamu bisa melakukan variasi tanaman yang cepat tumbuhdengan tanaman yang panennya cukup lama seperti lobak, cabai dan sebagainya sehingga ketika sembari menunggu panen cabai kamu tetap bisa memanen jenis sayuran lain.


Ingin Kulit Tetap Lembap Selama Berpuasa? Lakukan Hal Ini

3. Menciptakan kebun vertikal
Kebun vertikal tak butuh tempat yang luas.Caranyaadalah denganmenanam tanaman di dalam pot, lalu menggantungnya. Kamu juga bisa menanam beberapa tanaman yang bisa merambat sehingga bisa dikembangbiakkan secara vertikal.Atau memanfaatkan pipa pralon berukuran 4-6 dim sebagai pot untuk beberapa tanaman sekaligus.

4. Budidaya tanaman secara Hidroponik
Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata “hydro” yang berarti air, hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah, melainkan menggunakan air sebagai media tanam. Untuk menggantikan nutrisi dari tanah, air yang digunakan dalam budidaya tanaman diberi unsur hara yang berisi unsur-unsur penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Tanaman yang diproduksi dan dikembangkan dengan metode ini biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang dikembangkan menggunakan tanah, baik dalam hal rasa maupun kandungan gizinya. Tanaman yang bisa dibudidayakan di media tanam hidroponik adalah jenis tanaman hortikultura yang meliputi tanaman sayur, buah, obat-obatan hingga tanaman hias.(berbagai sumber)

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Kumur dengan Baking Soda Hingga...

Halaman: 
Penulis : Satria Budi