logo


Mengulik Khasiat Herbal Bunga Pagoda

Bunga Pagoda memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk menambah darah

26 November 2014 16:10 WIB

Hampir semua bagian tanaman Pagoda bisa digunakan untuk pengobatan. FOTO : ISTIMEWA
Hampir semua bagian tanaman Pagoda bisa digunakan untuk pengobatan. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bunga Pagoda memiliki nama ilmiah Clerodendrum japonicum (Thumb.) Sweet. Tanaman ini juga memiliki nama lain tumbak raja dan senggugu.

Bunga ini biasanya banyak hidup di area pekarangan rumah atau di tepi jalan sebagai tanaman hias. Tingginya antara 1 sampai 3 meter. Bagian batangnya dipenuhi oleh rambut yang halus.

Bentuk daun tanaman ini tunggal, bertangkai, dan letaknya saling berhadapan. Helaian daunnya berbentuk seperti telur, dan bagian pangkal daunnya nampak berbentuk jantung, dengan panjang daun yang bisa mencapai 30 cm.


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Karakteristik bunganya majemuk, berwarna merah, dan keluar dari ujung tangkainya. Bunga ini bisa diperbanyak dengan biji. Di daerah Bali, bunga Pagoda juga disebut dengan Tumbak raja atau Senggugu.

Bagaimana dengan khasiatnya? Tentu saja, bunga Pagoda memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk menambah darah.

Hampir semua bagian tanaman Pagoda bisa digunakan untuk pengobatan. Akarnya berkhasiat sebagai peluruh kencing, anti-pembekuan darah, dan anti-peradangan sehingga dapat digunakan untuk meredakan bengkak. Sedangkan, daun tanaman Pagoda berkhasiat untuk mengeluarkan nanah dan bersifat antiradang.

Bagi Anda yang tengah menderita kekurangan darah, maka bisa mengobatinya dengan bunga tanaman Pagoda. Caranya, siapkan bunga Pagoda sebanyak 30-90 gram untuk direbus dan diminum hasil rebusannya.

Atau, Anda juga bisa mengeringkan bagian akarnya dan menjadikannya serbuk untuk diseduh dan diminum. Konsumsi sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi tubuh, terutama cek darah, untuk memastikan apakah langkah pengobatan yang Anda lakukan dengan bunga Pagoda mujarab atau tidak.

Nah, selamat mencoba yah!

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana