logo


Menteri BUMN Apresiasi Peluncuran Kartu Tani di Jawa Tengah

Pemerintah akan terus mendorong penggunaan sistem Kartu Tani yang terintegrasi dengan sistem perbankan milik BUMN, sehingga akan memberi kemudahan bagi petani.

12 Januari 2017 22:00 WIB

Menteri BUMN RIni Soemarno.
Menteri BUMN RIni Soemarno. JITUNEWS/Johdan A.A.P

SOLO, JITUNEWS.COM – Diluncurkannya Kartu Tani di Jawa Tengah secara serentak, Kamis (12/1) di Lapangan Drh Supardi,  Magelang, Jawa Tengah diapresiasi oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno. Dia berharap upaya  yang diprakarsai Pemrov Jateng yang menggandeng BRI ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani dan nelayan.

“Kartu tani nantinya akan diintegrasikan untuk keperluan program pemerintah lainnya dalam mengurangi kesenjangan,” kata Rini di Magelang, saat menghadiri acara peluncuran Kartu Tani.

Rini menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong penggunaan sistem Kartu Tani yang terintegrasi dengan sistem perbankan milik BUMN, sehingga akan memberi kemudahan bagi petani. Kartu Tani tersebut menurutnya mampu meningkatkan kesejahteraan petani, terutama untuk mengurai beberapa kendala yang selama ini dialami petani.

Selain Menteri BUMN, acara tersebut  juga dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Direktur Utama BRI, Asmawi Syam.

Ganjar menyebutkan bahwa Kartu Tani bermanfaat untuk mengoptimalkan distribusi pupuk bersubsidi secara Enam Tepat, yakni Tepat jenis, jumlah, harga, mutu, waktu dan tempat.  Sehingga pendistribusian pupuk bersubsidi dan ada keterjaminan pupuk untuk petani. Selain itu, lanjutnya, Kartu Tani memudahkan pengalokasian bantuan sarana produksi padi (Saprodi) dan sarana produksi pertanian (Saproktan).

Sementara Dirut BRI, Asmawi Syam memerintahkan Kepala Cabang BRI di seluruh  Jawa Tengah untuk bekerja optimal membantu petani terkait pemanfaatan kartu tani tersebut. Pihaknya juga memerintahkan jajarannya memberikan penyuluhan ke petani di Jawa Tengah.

“Keberhasilan penerapan Kartu Tani akan memberi banyak manfaat, tidak hanya kepada para petani, tetapi juga bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Rayakan HUT Ke-18, Lorin Solo Hotel Tanam Pohon dan Resmikan Bungalow

Halaman: 
Penulis : Miftahul Abrori, Marselinus Gunas