logo


Menteri Sosial Luncurkan Aplikasi e-Warong, Lebih Murah dari Toko Sebelah

Aplikasi tersebut ditujukan bagi masyarakat pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

12 Januari 2017 14:25 WIB

Khofifah Indar Parawansa.
Khofifah Indar Parawansa. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa luncurkan aplikasi berbasis digital bernama e-Warong Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) di Kota Tangerang.

Aplikasi ini merupakan bagian dari program bantuan sosial non tunai untuk warga kurang mampu.

"Di e-Warong ini harga beras, gula, minyak goreng bisa lebih murah dari toko sebelahnya. Kualitasnya terjaga tapi harganya murah. Kalau harga gula Rp 14 ribu, di e-Warong ini harganya Rp 12.500. Presiden minta turun jadi Rp 12 ribu supaya ibu-ibu bisa menabung," ucap Mensos.


Pantau Penyaluran Bansos, Menko PMK dan Mensos Bentuk Tim Gabungan Monitoring dan Evaluasi

Pada aplikasi e-Warong, setiap warga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) diberikan saldo awal yang proporsional tergantung kebutuhan. saldo tersebut dapat digunakan untuk transaksi di e-Warong.

Nantinya, setiap bantuan yang diberikan pemerintah nantinya juga akan langsung ditransfer ke pemegang KKS. Sehingga dengan kartu itu warga bisa melakukan transaksi di e-Warong untuk membeli kebutuhan yang diperlukan.

Saldo dalam KKS dapat ditukar dengan sembako ataupun uang tunai, Selain itu, e-Warong juga melayani peminjaman berbasis koperasi.

"Selain bisa ditukarkan dengan sembako, saldo dalam kartu ini juga bisa ditukarkan dengan uang tunai. Karena ini koperasi, jadi e-Warong juga melayani peminjaman," ungkap Mensos.

Mensos Distribusi Bansos Sembako Bagi Penyandang Disabilitas di Wilayah Jabodetabek

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama