logo


Sidak ke Pasar Induk, Setnov Sebut Harga Cabai Turun Rp 20.000/Kg

Di Pasar Induk Kramat Jati harga cabai Rp 80.000/kg

12 Januari 2017 11:29 WIB

Setya Novanto dan istri.
Setya Novanto dan istri. dok. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Hari ini, Kamis, 12 Januari 2017, Ketua DPR RI, Setya Novanto, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

Dalam sidak itu, Setnov begitu ia akrab disapa, melakukan pengecekan terhadap harga cabai yang belakangan ini diberitakan melonjak tajam.

"Belakangan ini kan harga cabai terus naik, masyarakat terus mengeluh. Makanya sekarang saya bersama Ketua Komisi IV, Komisi VI ,dan anggota badan legislatif, pagi-pagi sidak ke sini untuk mencari tahu apa penyebab naiknya harga cabai," terang Setnov.


Harga Cabai Meroket, Pedagang Ngaku Rugi

Menurut Setnov, penyebab melambungnya harga cabai pada saat ini adalah curah hujan yang tinggi. Curah hujan tinggi menyebabkan banyak petani yang gagal panen sehingga membuat pasokan cabai ke tangan pedagang terhambat.

"Ditambah lagi terkendalanya distribusi juga menjadi salah satu penyebab kenaikan harga cabai," imbuh Setnov.

Kendati demikian, Setnov bersyukur karena saat sidak harga cabai sudah mulai turun. Dari Rp 100.000 per kilogram turun Rp 20.000 menjadi Rp 80.000 per kilogram. "Alhamdulillah sudah mulai ada penurunan. Mudah-mudahan harganya terus turun agar masyarakat tak lagi gundah,” ujar Setnov.

 

Pasokan Minim, Pedagang Terpaksa Naikan Harga Cabai

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro