logo


Lagi, Ini Jawaban Anies Ketika Ditanya Kenapa Dicopot Sebagai Mendikbud

Anies mengatakan, beberapa pihak sudah sering menanyakan hal tersebut

11 Januari 2017 12:20 WIB

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Calon Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut Tiga, Anies Baswedan, kembali menjawab pertanyaan soal penyebab kenapa dirinya dicopot sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Pertanyaan itu keluar ketika Anies bertemu dengan pengurus Ikatan Alumni Universitas Indonesia‎ (Iluni), pada Selasa, 10 Januari 2017 dalam acara Rembuk Bersama Cagub DKI, di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Menjawab pertanyaan itu, Anies mengatakan, beberapa pihak sudah sering menanyakan hal tersebut. Kendati demikian, Anies pun menjawab pertanyaan serupa itu dengan santai.


Anies Baswedan Turut Sebut Dirinya Korban Berita Hoax

Anies mengaku tidak tahu apa yang menjadi penyebab hal itu terjadi. "Kenapa diberhentikan jadi menteri? Dan jawabannya wallahualam," kata Anies.

Bahkan, lanjut Anies, ia tidak mau menanyakan alasan pencopotan tersebut. Selain merupakan hak preogatif presiden, ia juga ingin menjaga adab ketimuran Indonesia.

"Kenapa saya tidak tanya (alasan pencopotan), yang sedang berbicara adalah seorang kepala negara berbicara dengan menteri di sebuah negara. Dan saya ingin menjaga adab," jelas Anies.

Kendati demikian, Anies bersyukur sudah bisa diberi kesempatan bergabung ke dalam jajaran kabinet kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla. "Dua tahun ini adalah kehormatan bagi saya," kata Anies.

Anies bahkan tidak mempermasalahkan pencopotan dirinya sebagai menteri. Sebab baginy, menjadi pembantu presiden merupakan sebuah amanah dan pengabdian.

"Prinsip saya, di sini senang, di sana senang. Mau ditugasin di mana saja saya siap. Keputusan itu adalah keputusan yang membebaskan buat saya. Karena kemudian saya bisa kembali melakukan begitu banyak aktivitas," papar Anies seraya tersenyum.

 

Rhoma Irama Tak Undang Ahok Pada Acara Syukuran Partai Idaman

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro