logo


Sudah Masuk Musim Tanam, Distribusi Benih Agar Dipercepat

Amran bahkan mendesakagar dalam minggu ini distribusi benih unggul sudah bisa dilakukan

26 November 2014 04:57 WIB

musim tanam pun tiba
musim tanam pun tiba

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Karena sudah masuki musim tanam, Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta agar produsen mempercepat distribusi benih unggul untuk para petani.

"Jangan terlambat untuk mendistribusikan benih unggul. Pendistribusian benih tersebut harus tepat waktu," kata Amran, saat mengunjungi gudang penyimpanan benih Sang Hyang Sri, di Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Selasa (25/11) seperti dikutip Antara.

Amran bahkan mendesak kepada produsen tersebut agar dalam minggu ini distribusi benih unggul sudah bisa dilakukan. Bahkan untuk rencana tahun 2015 pemerintah akan mendistribusikan benih ke seluruh pelosok Indonesia, atau kurang lebih ke 1.000 desa. Langkah tersebut merupakan salah satu program pemerintah untuk mencapai swasembada beras yang ditargetkan tercapai pada 3-4 tahun mendatang.


Wujudkan Swasembada dengan Mencetak Sawah dan Membangunkan Lahan Tidur

"Untuk swasembada, tahun pertama memang berat. Namun harus kita laksanakan," ujar Amran.

Sebelumnya, pemerintah akan menerapkan sistem penunjukan langsung atau tanpa melalui tender pengadaan benih bersubsidi untuk mengejar musim tanam tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Jakarta, Senin (17/11) mengatakan, penunjukan langsung itu sebagai upaya untuk mengantisipasi keterlambatan musim tanam yang sering dialami petani karena penyaluran bibit yang tidak tepat waktu.

"Jika dengan tender waktu yang diperlukan untuk tender saja satu bulan, sampai ke petani bisa tiga bulan. Tunggu tiga bulan bisa keburu terlewat musim tanamnya. Jadi harus penunjukan langsung supaya cepat," katanya saat membuka Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2015 di kantor Kementerian Pertanian.

 

Dinas Hangpang Landak Panen Padi Palawakng

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Ali Hamid