logo


Fakta Unik Coklat yang Bikin Meleleh

Cokelat pertama yang diproduksi dibuat pada tahun 1842 oleh perusahaan Cadburry di Inggris.

26 November 2014 04:02 WIB

Istimewa, Coklat punya keunikan
Istimewa, Coklat punya keunikan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Cokelat merupakan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, cokelat juga bisa menghilangkan rasa stress. Dan ternyata cokelat memiliki banyak fakta-fakta unik, apa sajakah itu?

Berikut ini fakta unik tentang coklat

1. Lahirnya Cokelat
Cokelat pertama yang diproduksi dibuat pada tahun 1842 oleh perusahaan Cadburry di Inggris. Meskipun cokelat pertama kali diproduksi di Inggris, pohon kakao sebenarnya diproduksi di empat wilayah yaitu Amerika Selatan dan Tengah, Afrika Barat, dan Asia Tenggara.

2.  Asal Cokelat
Cokelat berasal dari pohon kakao. Pohon kakao ini menghasikan buah yang menghasilkan biji kakao. Biji kakao ini difermentasi lalu dipanaskan dan kemudian diproduksi menjadi cokelat. Kata cokelat sendiri berasal dari kata 'xocolatl' yang berarti "air pahit".

3.   Chocolate Week of The  Year Terbesar
Ada sekitar 90 juta pounds cokelat yang dijual dalam sepekan sebelum perayaan halloween di Amerika Serikat. Untuk menghasilkan satu pounds cokelat dibutuhkan 400 biji kakao.

4.   Cokelat sebagai Obat Anti Depresan
Dalama banyak kebudayaan, cokelat digunakan sebagai obat, magis, dan mistis. Cokelat dapat digunakan untuk mengobati depresi ringan, tekanan darah tinggi, dan kelelahan. Di budaya suku Maya, cokelat dihidangkan dalam acara pernikahan.

Sekitar 55 persen dari orang yang menderita depresi mamakan lebih banyak cokelat dibandingkan mereka yang tidak. Cokelat mengandung banyak bahan kimia dan zat alami yang membakar ton neuron dari dalam otak, meningkatkan produksi serotonin, endorfin, oxytocin, dan banyak lagi. Cokelat juga dapat berfungsi sebagai stimulan ringan karena mengandung sejumlah kafein alami.


Latih Petani Manfaatkan Blotong untuk Pupuk Organik

Cerahnya Prospek Budidaya Ubi Jepang

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid