logo


Tingkatkan Produksi Pangan, Kementan Optimalkan Pemanfaatan Lahan Tidur

Target minimal yang dilakukan pemerintah dari pemanfaatan lahan tidur tersebut adalah akan mampu menambah peningkatan produksi 5 ton per hektarnya.

4 Januari 2017 16:23 WIB

Areal persawahan.
Areal persawahan. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Hasil Sembiring, mengatakan bahwa untuk mendongkrak laju peningkatan produksi pangan nasional khususnya untuk semua komoditas strategis, pemerintah mengupayakan pemanfaatan lahan tidur.

“Saat ini kita memiliki banyak lahan tidur yang belum kita maksimalkan pemanfaatannya. Dengan program ini maka semua lahan tidur yang ada, kita bisa maksimalkan pemanfaatannya sehingga produksi hasil pangan khususnya untuk semua komoditas strategis terus meningkat,” kata Hasil di Jakarta, Rabu (4/1).

Lebih lanjut, Hasil mengatakan bahwa yang termasuk kategori lahan tidur adalah pertama, lahan yang ada di daerah-daerah yang masih dibiarkan kosong dan tidak di garap oleh para petani.


Ini Jurus Jitu Menteri Amran Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

“Lahan-lahan kosong seperti ini akan kita garap menjadi lahan pertanian. Tentunya sebelumnya kita harus bisa memastikan tanaman apa yang cocok di lahan tersebut,” tuturnya.

Kedua, lanjut Hasil, adalah lahan tadah hujan. Sampai saat ini, kata Hasil, dari hasil survei yang dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian ditemukan bahwa ada sekitar 500 ribu hektar lahan tadah hujan di Indonesia belum dimaksimalkan pemanfaatannya oleh pemerintah.

“Pada daerah tadah hujan tersebut pemerintah akan memaksimalkan pemanfaatan pompa. Kalau musim kering tiba maka kita manfaatkan pompa air, sehingga lahan tersebut tidak dibiarkan kosong di musim kering,” ujar Hasil.

Menurutnya, target minimal yang dilakukan pemerintah dari pemanfaatan lahan tidur tersebut adalah akan mampu menambah peningkatan produksi 5 ton per hektarnya.

“Kalau pemanfaatan lahan tidur ini bisa berjalan dengan baik. Maka peningkatan produksi kita untuk semua komoditas pasti akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan,” pungkas Hasil.

Program Strategis Pemerintah Mampu Tingkatkan Produksi Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana