logo


Mantap, Jokowi Bakal Tambah Lagi 19 Bendungan

Permintaan bendungan masing-masing gubernur berbeda-beda. Ada yang minta tiga ada yang dua

25 November 2014 11:46 WIB

bendungan baru
bendungan baru

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ternyata membangun 30 bendungan baru di tahun depan tidak cukup. Karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menambah 19 bendungan lagi berdasarkan permintaan dari para gubernur.

Jokowi mengatakan permintaan bendungan masing-masing gubernur berbeda-beda. Ada yang minta tiga bendungan, dua bendungan. "Namun pada intinya semua gubernur yang hadir dalam pertemuan itu meminta pemerintah pusat membangun bendungan baru di provinsi mereka," katanya di Jakarta.

Karena ada permintaan baru pembangunan bendungan maka Jokowi akan merevisi rencana pembangunan dari 30 bendungan menjadi 49 bendungan baru dalam 5 tahun.


Ma'ruf Amin Sebut Kondisi Pangan Ironis, Demokrat ke Jokowi: Ini Ada Kritik dari Ulama Besar

Pembangunan 30 waduk baru adalah salah satu proyek infrastruktur prioritas pemerintah periode 2014--2019. Bendungan beserta pembangunan 1 juta hektare jaringan irigasi baru dan rehabilitasi 3 juta jaringan irigasi adalah penunjang ambisi Jokowi menciptakan swasembada pangan di Indonesia.

Pertemuan Presiden dengan para gubernur berlangsung sejak pagi dan masih berjalan hingga sore. Jokowi mengatakan pertemuan itu penting agar kebijakan pemerintah pusat dengan keinginan pemerintah daerah.

"Pertemuan ini akan terus kita lakukan. Mungkin bisa bulanan, mungkin bisa mingguan," kata Presiden.

PKB: Ya Memang Lucu, Sumber Daya Kita Melimpah Tapi Impor

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Ali Hamid