logo


Gerindra Dukung Pembentukan Tim Angket Soal Tenaga Kerja China Ilegal

Heri kembali menegaskan bahwa dirinya sangat setuju dengan adanya tim angket DPR soal tenaga kerja asing China.

27 Desember 2016 17:56 WIB

Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan.
Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mengungkapkan dirinya sangat setuju apabila dibentuk tim angket DPR guna melakukan investigasi masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia.

Karena menurutnya, banyaknya TKA yang masuk ke Indonesia tanpa dikontrol dengan ketat akan menjadi ancaman di negeri ini, apalagi TKA-TKA tersebut diduga telah masuk di semua lini sektor pekerjaan, mulai dari tenaga ahli hingga posisi pekerjaan buruh yang sebenarnya bisa dilakukan oleh pekerja lokal.

"Padahal angka pengangguran di Indonesia saat ini masih tinggi. BPS menyebutkan bahwa angka pengangguran terbuka di Indonesia saat ini mencapai 7,02 Juta orang," ujarnya di Jakarta, Selasa (27/12).


Yakin Prabowo Menang di Pilpres 2024, Gerindra: Tapi Harus Kerja Keras

Politisi Gerindra ini mengatakan padahal di dalam UUD 1945 dalam pasal 27 telah mengamanatkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

"Jadi dimana keberpihakan negara ketika masih banyak dari warga negaranya hidup tanpa pekerjaan dan penghidupan yang layak," kesalnya.

Oleh karena itu, Heri kembali menegaskan bahwa dirinya sangat setuju dengan adanya tim angket DPR. Tim itu nantinya perlu mengevaluasi atas kebijakan bebas visa yang sudah diberlakukan. Hal ini dikarenakan dengan adanya kebijakan bebas visa diduga sebagai tempat masuknya ancaman keamanan di Indonesia.

"Kebijakan bebas visa harus sangat selektif dan ketat, seperti negara dengan potensi wisatawan yang besar dan bukan negara yang memiliki rekam jejak ideologi ekstrem," tutupnya.

Mudik Dilarang Wisata Boleh, Fadli Zon: Ada Jenis Wisata Baru, Wisata Mudik

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Syukron Fadillah