logo


Biji Pala, si Pelega Perut Kembung Hingga Infeksi Ginjal

Di dalam kulit, daging, biji pala hingga bunganya memiliki sifat antiemetik, yaitu senyawa kimia yang antara lain bermanfaat mengatasi rasa mual.

27 Desember 2016 11:15 WIB

Biji Pala
Biji Pala Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pala, tanaman yang memiliki nama Latin Myristica fragrans ini merupakan tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Biji pala memang dikenal sebagai salah satu bahan rempah asli Indonesia yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Selain sebagai bumbu masakan, biji pala nyatanya punya faedah jitu untuk kesehatan. Salah satunya sebagai obat alami untuk melegakan perut kembung.

Menurut herbalis kecantikan Lina Marliana, biji pala memang dapat dijadikan salah satu bahan alternatif untuk melegakan perut kembung. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus 20 gram biji pala, lalu direbus dengan 400 ml air hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Kemudian ditambahkan sedikit garam sambil diaduk rata. Setelah agak dingin, air rebusan biji pala bisa langsung diminum satu kali sehari.


Herbalis: Biji Anggur Pelindung Jantung

"Jika tidak tahan dengan rasa langu atau pahit dari biji pala, cukup diminum dua teguk saja," tutur Lina.

Selain melegakan perut kembung biji pala juga mampu menghilangkan rasa mual atau gejala mabuk saat berkendara. Karena di dalam kulit, daging, biji pala hingga bunganya memiliki sifat antiemetik, yaitu senyawa kimia yang antara lain bermanfaat mengatasi rasa mual.

Selain itu, manfaat lain pala untuk tubuh yang harus Anda ketahui seperti dilansir dari healthmeup.com adalah:

Jika Anda kesulitan tidur, cobalah untuk memasukkan pala ke dalam susu yang akan Anda konsumsinya. Pala adalah obat tidur yang mampu bekerja secara efektif.

Rempah-rempah beraroma pedas manis ini bermanfaat untuk melawan bakteri di dalam tubuh sehingga menjadikan sistem kekebalan tubuh Anda membaik.

Karena pala mengandung magnesium, kalium, dan kalsium di dalamnya maka pala bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri otot.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, mengonsumsi makanan yang mengandung pala juga mampu meningkatkan kesehatan mental Anda.

Pala dikenal mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengobati infeksi ginjal.

Semoga infonya bermanfaat ya!

 

Jangan Dibuang, Biji Durian Bisa Dibuat Camilan Lho...

Halaman: 
Penulis : Riana