logo


Politisi PDI Perjuangan Minta Pemerintah Buat TPF Serbuan Buruh China

Politisi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto angkat bicara soal serbuan tenaga kerja ilegal asal China yang masuk ke Indonesia.

26 Desember 2016 04:00 WIB

Tenaga kerja asal China
Tenaga kerja asal China Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto angkat bicara soal serbuan tenaga kerja ilegal asal China yang masuk ke Indonesia. Darmadi pun meminta pemerintah untuk membentuk Tim Pencari Fakta untuk memastikan berapa jumlah buruh asal negeri tirai bambu tersebut yang masuk ke Indonesia.

"Bentuk Tim Pencari Fakta (TPF) tenaga kerja Cina ilegal. Sebab, jika isu ini dibiarkan terus akan berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," tandas anggota Komisi VI DPR RI ini di Jakarta, Minggu (25/12).

Nantinya TPF yang dibentuk tersebut akan melakukan penyelidikan mendalam mengenai tenaga kerja ilegal asal Cina tersebut. Menurutnya, bila ternyata temuan ledakan jumlah buruh asal China atau banyak yang masuk secara ilegal, maka kebijakan bebas visa bisa dikaji ulang.


Kemenaker Ungkap Tenaga Kerja Asing Asal Paling Banyak di Indonesia Berasal dari China

"Kalau diberlakukan visa tentu dikaji bagaimana dampaknya terhadap wisatawan yang masuk ke Indonesia," jelasnya.

"Kita usir mereka kalau ilegal. Ditangkap dan diusir saja oleh pihak yang berwenang. Kan mudah, cari teroris saja bisa, apalagi cari TKA Cina yang ilegal. Kalau ketemu lakukan identifikasi, proses, deportasi. Yang penting action," imbuhnya.

Terbang Langsung dari Tanjung Pinang ke China Kini Bisa Pakai Citilink

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan