logo


Wings Air Mulai Ambil Rute Gemuk Surga Wisata Raja Empat

Wings Air, Garuda Indonesia, Citilink dan Lion Air kini membuka rute baru yang gemuk dengan wisatawan mancanegara.

25 Desember 2016 12:57 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa maskapai penerbangan dalam negeri tengah berusaha mengambil pangsa pasar khususnya pada 'rute gemuk' lokasi-lokasi surga wisata alam dan budaya Indonesia maupun dunia.

Wings Air, contohnya yang sejak Desember ini melayani terbang langsung ke surga wisata alam Raja Empat, Papua Barat. Beberapa maskapai lain juga sedang gencar-gencarnya melebarkan sayapnya di jalur pariwisata kenamaan.

Buat yang ingin berlibur ke Raja Ampat, kini tak perlu lagi transit di Sorong, karena telah dibuka jalur penerbangan langsung ke Raja Ampat oleh Wings Air.


Sabet Penghargaan Bintang 4 Skytrax, Citilink Indonesia Buka Peluang di Pasar Regional

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat menjelaskan, bahwa Wings Air juga terbang dari Manado ke Bandara Waisai, Raja Ampat.

"Manado merupakan penghubung daerah pariwisata Timur Indonesia. Kami bersyukur, salah satunya kini Raja Ampat kedatangan pesawat komersial untuk pertama kalinya, yakni Wings Air," ujar Yusdi Lamatenggo, Kepala Disbupdar Raja Ampat.

Pada November 2016, Wings Air sudah melakukan landing test di Bandara Raja Ampat yang sudah diresmikan sejak 9 Mei 2016 ini juga melayani penerbangan Susi Air yang memiliki rute Sorong–Waisai.

Sayangnya penerbangan ini hanya berlangsung dua kali dalam seminggu dengan menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan yang hanya memiliki kapasitas 11 penumpang saja.

Bandara Waisai, Raja Ampat memiliki panjang landasan pacu 1.400 meter dan lebar 30 meter, taxiway 80 meter x 18 meter dan apron. Tahun 2017 landasan pacu di Waisai akan diperlebar dan diperpanjang hingga 1.600 meter.

Meski pun belum setara bandara lain di Indonesia, gedung terminalnya Bandara Waisai saja hanya berluaskan 420 m2. Namun rute ke Raja Ampat terbilang gemuk lantaran wisata alamnya yang eksotik.

Sementara itu, Desember 2016 Garuda Indonesia juga membuka layanan penerbangan ke Mumbai, India. Selain itu Lion Air juga akan menambahkan frekuensi terbang ke enam kota di China.

Citilink Indonesia juga tak mau kalah. Maskapai ini menggeliat dalam persaingan memilih rute. Citilink sudah membuka rute barunya mendarat di Bandara Raja Haji Fisahillillah-Bintan dan Hang Nadim-Batam, Kepulauan Riau, dengan jumlah kapasitas penumpang 500 wisman China pada setiap harinya. Maskapai ini juga bekerjasama dengan travel biro Wanda Group yang berada di China.

Tiga Prioritas Pariwisata Terkini Indonesia

Dalam Rapat Kerja Kepariwisataan IV tahun 2016 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, pada 6-7 Desember lalu, yang dihadiri para stakeholder pariwisata langsung disambut sangat agresif oleh para pengusaha di Indonesia yang ingin meningkatkan hal-hal yang bersangkutan dengan tempat wisata agar lebih membaik dari sebelumnya.

Hal itu karena dinilai sangat berpengaruh pada respon pasar maskapai penerbangan yang mengambil rute-rute menuju destinasi wisata.

Di mana pada rakor itu Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menekankan tiga prioritas utama untuk disegerakan terwujud di daerah tujuan wisata unggulan yaitu, memperluas akses atau connectivity, membangun homestay desa wisata dan go digital.

Citilink Store dapat Diakses Dalam Citilink.co.id dan JD.ID

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah,Yusran Edo Fauzi