logo


Berapa Lama Perbaikan Jembatan Cisomang? Ini Penjelasan Menteri Basuki

Jalan tol itu masih bisa dilewati kendaraan kecil golongan karena kendaraan golongan I masih dalam range toleransi

24 Desember 2016 09:00 WIB

Jembatan Cisomang Jalan Tol Purbaleunyi.
Jembatan Cisomang Jalan Tol Purbaleunyi. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Berapa Lama Perbaikan Jembatan Cisomang? Menanggapi hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR,) Basuki Hadimuljono, mengatakan setidaknya memerlukan waktu sekitar tiga bulan.

"Kira-kira butuh tiga bulan untuk perbaikan, setelah itu akan kita lihat lagi," terang Basuki, Jumat (23/12), di Istana Negara Jakarta.

Dalam jangka waktu itu, lanjut Basuki, jalan tol itu masih bisa dilewati kendaraan kecil golongan karena kendaraan golongan I masih dalam range toleransi. Perbaikan bakal dilakukan dengan penguatan pada tiang agar dapat stabil.


Kementerian PUPR Melarang Kendaraan Berat Lalui Jembatan Cisomang

"Nanti kalau tidak aman pasti saya stop untuk semuanya, kalau ada perkembangan yang membahayakan akan saya stop karena itu tanggung jawab Kementerian PUPR," kata Basuki.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan adanya pergeseran pada Jembatan Cisomang yang ada di ruas jalan tol Purbaleunyi, Jawa Barat.

Pergeseran sejauh 53 cm ke arah samping itu terdeteksi pada bagian atas pilar kedua jembatan. Pergeseran tersebut dianggap sudah melebihi ambang batas. Kendati demikian, getaran jembatan masih dalam ambang batas aman.

Demi keamanan dan keselamatan para pengguna jalan, maka ruas jalan tol di kawasan tersebut akan dibatasi untuk sementara. Kendaraan yang boleh melintasi jembatan tersebut hanya kendaraan untuk Golongan 1.

Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi Bergeser, Dilakukan Pembatasan Kendaraan

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro