logo


Ini 'Surat Sakti' Ridwan Kamil Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Foto tersebut menampilkan surat berjudul 'Nota Kesepahaman Kerukunan Umat Beragama'

23 Desember 2016 06:30 WIB

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Upaya menjaga kerukunan antar umat beragama benar-benar ditunjukkan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Hal itu terlihat dari sebuah foto yang di-posting Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di akun twitter-nya (@ridwankamil).

Foto tersebut menampilkan surat berjudul 'Nota Kesepahaman Kerukunan Umat Beragama'. "Warga Bdg, jika sedang merencanakan atau sedang melangsungkan kegiatan beribadah dirasa ada potensi gangguan, silakan tunjukkan surat ini." kicau Kang Emil.

Dalam nota kesepahaman tertanggal 20 Desember 2016 itu, ada empat poin penting. Empat poin penting itu terdiri dari:


Little Bandung Hadir di Malaysia

1. Hak memeluk dan melaksanakan ibadah agama dan keyakinan masing-masing merupakan hak yang paling asasi dimiliki seluruh umat manusia dan dilindungi negara.

2. Menjamin seluruh warga Kota Bandung untuk dapat melaksanakan peribadatan sesuai dengan agama dan keyakinannya selama kegiatan peribadatan tidak bertentangan dengan asas ketertiban umum.

3. Semua agama dapat melaksanakan kegiatan keagamaan pada gedung pertemuan umum sepanjang bersifat insidentil

4. Panitia kegiatan insidentil keagamaan dapat menyampaikan pemberitahuan kepada Kementerian Agama Kota Bandung dan Kepolisian Kota Bandung.

Surat itu pun ditandatangani sepuluh kalangan yang berasal dari lintas agama, aparat keamanan, hingga pihak terkait lainnya. Seperti apa suratnya? Ini dia...

Sebelumnya, di Kota Bandung terjadi aksi pembubaran Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Natal Pdt Stephen Tong, di gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Jawa Barat, pada 6 Desember 2016. 

Menyusul aksi pembubaran yang dilakukan oleh Ormas, Ridwan Kamil bertindak cepat dengan melakukan rapat bersama Pemkot Bandung dengan MUI, Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB), Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI), Kemenag Kota Bandung, Bimas Kristen, Kemenag Jawa Barat, Polrestabes Bandung, dan Kejaksaan Negeri Kota Bandung pada tanggal 8 Desember 2016.

Kebaktian Natal di Gedung Sabuga Dihentikan, Ridwan Kamil Angkat Bicara

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro